Adhi Wargono Ketua Umum Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA)

Jakarta, Indikatornews.com

Pengusaha Indonesia Adhi Wargono terpilih menjadi Ketua Umum Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA/Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea), untuk periode 2019-2024.

Bahkan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, berkesempatan melantik kepengurusan baru tersebut.

Dalam kesempatan ini, Adhi memberikan penghormatan kepada Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, yang pada waktu itu dijabat Yakob Tobing, menjadi inisiator pembentukan IKFA di Indonesia, karena di Korea sudah berdiri organisasi dengan nama Korea Indonesia Friendship Association (KIFA). Dimana KIFA ini merupakan kumpulan masyarakat Korea Selatan yang mencintai Indonesia, atau mereka menyebut Indonesia Lovers dengan ketuanya Mr.Yun Hae Jung.

“Saya yakin hubungan Korea Selatan dan Indonesia saling membutuhkan, terutama menyongsong era industri 4.0,” kata Adhi saat deklarasi pengurus baru Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA/Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea), yang berlangsung di Raffles Jakarta, Kamis. (14/3/2019).

Adhi Wargono (Ketua Umum IKFA)

Lebih jauh Adhi menjelaskan, IKFA bertujuan untuk meningkatkan persahabatan kedua negara Indonesia – Korea, bisa melalui kegiatan seni budaya, olahraga dan bisnis.

Selanjutnya, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengungkapkan,  IKFA ini dapat memperkuat hubungan kedua negara, selain itu pula dapat mempererat hubungan Indonesia dan Korea Selatan, yang telah terjalin sejak 45 tahun lalu, serta meningkatkan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, ujarnya.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia ini juga menjelaskan, Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea ini juga dapat memfasilitasi berbagai kerja sama antara kedua negara.

“Berbagai kerja sama yang kita lakukan selama ini diperlukan, untuk memperkuat hubungan kedua negara,” ungkapnya.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom

Begitu pula yang disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, dimana ia mengharapkan kepengurusan IKFA ini, dapat memberikan pelatihan kewirausahaan kepada buruh migran Indonesia di Korea Selatan.

“Kita akan kolaborasi dengan IKFA untuk membantu pemberdayaan buruh migran Indonesia yang ada di Korea Selatan. Salah satunya melakukan pelatihan kewirausahaan,” kata Umar.

Lanjutnya, pelatihan kewirausahaan ini  bertujuan untuk mendorong buruh migran yang pulang ke Indonesia, agar dapat menjadi pengusaha di daerahnya mereka masing-masing.

Bahkan setiap tahunnya, sebanyak kurang lebih 3,000 sampai 4,000 buruh migran ke Korsel, selanjutnya setiap tahunnya juga ada sekitar 3,000 yang kembali ke Indonesia, disebabkan kontraknya sudah habis, tambah Umar.

Susunan Pengurus IKFA


Sementara itu, untuk susunan pengurus Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA) 2019-2025 terdiri atas Dewan Pengarah: Prof. Dr. Rokhmin Dahuri, Abd. Nick T. Dammen, Geunhyo An, Yi Sun Hyeong dan Darmawan Djayusman.

Selanjutnya, Dewan Pengurus: Ketua Umum: Adhi Wargono, Wakil Ketua Umum : Jimmy Berlian Sutopo. Sekretaris Jendral : Danang Girindrawardana, Wakil Sekjen : Ratna Renggogeni.

Begitu pula untuk Ketua bidang Kreatif Entertaimen: Rina Novita, Ketua Bidang Pendidikan: Irman Alfian Zahiruddin, Ketua bidang Bisnis Development: Christopher Winata dan Yudian Alkatsyah,

Ketua Bidang Art & Culture: Dr. Harry Darsono PhD, dan Ketua Bidang Olahraga: Kesit B. Handoyo, Ketua Bidang Hubungan dan Penerjemah: Hur Young Soon. (VN)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »