Agenda Kerja Kominfo Tahun 2019

Jakarta, Indikatornews.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Komisi I DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP), di gedung DPR/MPR, di Jakarta, Selasa (23/10/2018) lalu, seperti dikutip dari siaran pers Kemenkominfo.

RDP tersebut, sebagai kelanjutan hasil rapat kerja pada September lalu. Dalam RDP yang berlangsung, dibahas antara lain mengenai program kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP), pemberantasan peredaran telepon seluler ilegal dan jadwal linimasa tentative pemilihan Komisioner KPI terhitung Juli 2019.

“Mengenai Program IKP, kami siapkan strategi komunikasi melalui beberapa program dari awal 2019. Fokus kepada pendidikan politik bagi generasi muda pada Januari hingga Februari. Kemudian literasi demokrasi di bulan Februari sampai April dan penguatan partisipasi publik dalam Pemilu,” kata Menkominfo Rudiantara.

Lebih jauh Menteri Kominfo menjelaskan, kinerja ini dilakukan untuk mendukung KPU mengoptimalkan jumlah penduduk sebanyak 154 juta jiwa atau setara dengan 77 persen pemilik suara dapat memanfaatkan haknya pada Pemilu 2019.

Sedangkan pada periode bulan April hingga Oktober 2019, Ditjen IKP Kemenkominfo akan fokus merawat kebhinekaan setelah proses pelaksanaan kontestasi Pemilu usai.

Rudiantara juga mengungkapkan mengenai pencegahan peredaran telepon seluler, yang telah menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna menerapkan kebijakan pengawasan IMEI yang disesuaikan dengan nomor kartu sim dipakai. Hal tersebut untuk memastikan terjaminnya mutu perangkat yang digunakan oleh konsumen berdasarkan persyaratan teknis berlaku.

“Strategi ini dapat menjadi siasat untuk menurunkan tingkat kejahatan cyber melalui perangkat seluler seperti hoax, ujaran kebencian, penipuan dan konten negatif, itu penanganannya lebih mudah dilakukan. Tahap berikutnya kita harus bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian karena sistemnya ada di sana,” ungkap Rudiantara.

Selanjutnya terkait perekrutan calon Komisioner KPI Pusat, ia  menyampaikan, pihaknya memerlukan berbagai pertimbangan dari komponen lembaga lainnya.

“Pengumuman dan pendaftaran calon Komisioner KPI tangga 2 sampai 25 November, yang penting pengumuman hasil seleksi administrasinya adalah tanggal 30 November 2018. Sedangkan pengumuman penilaian makalah akan diselesaikan tanggal 13 Desember 2018,” ungkapnya.

Lanjutnya, hasil tes psikologis calon Komisioner KPI akan diumumkan pada 28 Januari 2019. Lalu proses wawancara dilakukan tanggal 13 hingga 15 Februari dan penyampaian nama calon anggota Komisioner KPI ke DPR pada 4 April. (rls)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »