ANIES SAMBUT PESERTA THE 12TH LAP SINGAPURA

Jakarta, Indikatornews.com

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjamu para peserta The 12th Leaders in Administration Programme (LAP) dari Singapura di Balaikota Jakarta, Rabu pagi (7/11). Di depan para peserta, Gubernur Anies memaparkan mengenai pendekatan kolaborasi yang digunakan Jakarta untuk mewujudkan City 4.0.

Sebelumnya, Gubernur Anies menjelaskan bahwa Jakarta memiliki masalah perkotaan yang juga dihadapi oleh banyak kota besar di dunia. “Jakarta memiliki beberapa masalah yang juga dihadapi kota lain di dunia, antara lain kemiskinan, ketersedian air, tempat tinggal (property), dan juga sampah,” ungkapnya.

Maka dari itu, Gubernur Anies ingin melibatkan warga atau menggunakan pendekatan kolaborasi sebagai wujud dari City 4.0 yang menjadi tujuan pembangunan kota. “Untuk mengatasi masalah itu, kami ingin bangun Jakarta dengan pendekatan City 4.0, yakni kolaborasi. Sehingga, kami ingin melibatkan publik dalam setiap pengambilan kebijakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Gubernur Anies memberikan salah satu contoh dari pendekatan ini, melalui program urban renewal kampung-kampung di Jakarta, di mana Pemprov DKI Jakarta sendiri melibatkan warga untuk aktif merencanakan pembangunan di kampunganya, yang disebut Community Action Plan (CAP). “CAP ini sudah berlaku di banyak kampung di Jakarta, sehingga apa yang direncanakan tepat dan sesuai yang warga butuhkan,” tuturnya.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar menyambut baik paparan Gubernur Anies. Ia menyebut Jakarta dan Singapura akan banyak bekerja sama dan saling belajar mengenai pembangunan kota ke depan. “Kita menyambut baik dan pertemuan ini adalah kesempatan untuk kami bekerja sama, dan saling belajar antara Jakarta dan Singapura,” tandas Anil.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »