BELAJAR MALAM, MASIH PERLU?

Indikatornews.com

Di era tahun 80-an setiap keluarga umumnya menyuruh anak-anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah atas belajar di malam hari untuk 1 sampai 2 jam, biasanya sekitar pukul 7 hingga 9 malam. Belajar di malam hari ini rutin dilakukan setiap hari, hanya ditiadakan pada hari Sabtu saja, mungkin dari sinilah ada istilah malam minggu bebas tidak belajar.

Seiring dengan perkembangan yang terjadi, dimana kegiatan murid sekolah untuk usia dasar dan menegah atas semakin padat, dengan adanya pelajaran tambahan dan ekstra kulikuler di sekolah, belum lagi mereka harus menghabiskan waktu hampir seharian di sekolah, apakah masih diperlukan belajar malam?

Kegiatan yang dilakukan dengan frekwensi dan pola yang cukup teratur biasanya akan mendatangkan hasil yang cukup baik.

Pola keteraturan dan intensitas yang cukup sebetulnya sangatlah diperlukan bagi anak-anak usia sekolah.

Terutama dalam hal belajar, jika setiap harinya mereka bisa mempergunakan waktu belajar malam untuk mengulang pelajaran yang mereka dapat hari itu, sekitar ½ jam hinga 1 jam, biasanya anak akan menjadi lebih mengerti tentang apa yang dipelajarinya hari ini.

Apalagi jika waktu belajar malamnya ditemani oleh orang tua mereka.

 

Melakukan kegiatan belajar malam bersama orang tua, tidak hanya akan memberikan kemudahan bagi anak untuk lebih memahami materi pelajaran yang dia dapatkan di sekolah hari itu, tetapi juga semakin membangun ikatan dengan orang tua mereka.

Bagi orang tua sendiri, menemani kegiatan belajar anak di malam hari dapat menjadi satu cara untuk berkomunokasi tentang keseharian yang dilalui anak, sehingga orang tua mudah mengetahui apa saja kendala belajar yang dihadapi si anak bahkan juga kendala interaksi sosial si anak di sekolahnya.

 

Melihat manfaat yang besar ini mungkin ada baiknya anda mulai membiasakan belajar malam pada anak anda, dan jangan lupa untuk menemani mereka.

Jika tidak atau belum bisa diterapkan setiap hari lakukan saja 2 atau 3 kali dalam seminggu, dan lihat perubahan yang terjadi. Selamat belajar malam bersama….




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »