Berbagi Kebajikan Di Jalur Politik

Semarang, Indikatornews.com

Grace Giovani. SH. MKn, (Caleg DPRD Kota Semarang dari partai Solidaritas Indonesia untuk Dapil Semarang Barat dan Semarang Selatan Nomor Urut 1 kepada Indikatornews.com di Kedai Kopi Kofetiere, Jalan Erlangga Barat 7 Nomor 15, Semarang, Jawa Tengah.
mengakui sebenarnya, awalnya dia orang yang apatis dengan dunia politik dan sewaktu kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 2000.

“Dulu saya ini Golput. Dan pada saaat itu saya menganggap politik itu sulit diukur dengan nalar. Tapi belakangan ternyata saya melihat masih ada orang-orang baik yang mau terjun kedunia politik. Dan dari berjuta-juta orang politikus saya lihat harus melawan arus, sekalipun mereka jumlahnya sedikit tapi saya sangat salut dengan mereka,” Grace.

Menurut saya apabila mau merubah sesuatu tentu tidak harus dari yang besar tapi bisa dimulai dari yang kecil.
Kenapa lebih memilih Partai Solidaritas Indonesia bukan masuk kepartai besar seperti PDIP, Golkar atau yang lainnya?

Entahlah, lanjut Grace dirinya merasa ada kecocokan dengan arah tujuan PSI selain itu karena memang partai ini memang belum punya dosa-dosa masa lalu. Dan menurut dia, partai ini lahir untuk merespon kecenderungan perubahan sosial-politik generasi baru yang bisa dipercaya, berintegritas, peduli pada rakyat, dan kompeten.

Dan harus dicatat, lanjut Grace yang didorong untuk menjadi pemimpin dan wakil rakyat di DPR/DPRD adalah siapa saja yang memenuhi kriteria kepemimpinan, bukan pucuk pimpinan partai di pusat maupun daerah. PSI dan pengurusnya hanya melahirkan dan mengorganisir pemimpin-pemimpin tersebut untuk menjawab harapan generasi politik baru.

Alasan lain kenapa Grace memilih jalur politik pada hal Anda ini sebagai pejabat publik?

Selama ini banyak orang menilai politik itu kotor, jelek, tidak baik bahkan ada yang bilang mengerikan.

Tapi Grace berpikir, di negeri ini masih ada orang-orang baik yang berani dan mampu berbuat untuk negara dan bangsa. Tapi tentu tantangannya cukup besar, dan saya pikir namanya  perjuangan tentu itu sudah resiko dan pastinya tantangannya juga besar

Pendeknya Grace berpokitik itu ingin berbagi kebajikan. Baginya politik adalah kebajikan, sumber kebaikan bagi kepentingan orang banyak. Dan demokrasi bagaimana meletakkan peran sentral partai politik sebagai institusi yang bertugas mendengar dan menyalurkan aspirasi rakyat, termasuk menjadi rahim yang melahirkan pemimpin-pemimpin di masyarakat.

Karenanya, seluruh orientasi dan kerja politik saya semata-mata untuk kepentingan yang lebih luas fokus untuk menggagas dan memutuskan kebijakan-kebijakan publik yang membawa kebaikan bagi rakyat.

Grace Giovani. SH. MKn

Dalam  membangun bangsa, tentu lanjut Grace peran perempuan terbilang signifikan. Bukannya mengapa, karena kaum inilah yang banyak mengurus dan mendidik anak yang hasilnya akan berpengaruh pada kualitas generasi bangsa.

Tidaklah berlebihan kalau bisa saya katakan perempuan adalah benteng utama dalam keluarga. Baik buruknya generasi penerus ada ditangan perempuan.
Sebagai catatan kenangan saya sewaktu tinggal di Jakarta, saya sempat  berkecimpung sebagai aktivis anak dan perempuan. 11 tahun saya bergelut mendidik anak-anak  dan terjun kekawasan kumuh sebagai ungkapan rasa kepeduliannya terhadap masa depan anak dan juga para ibu.  Dan passion saya memang di bidang sosial kemasyarakatan. Dan saya ingin memulai sesuatu yang bermanfaat untuk kepentingan Ibu dan Anak.

Hal penting lain, adalah saya ingin meneguhkan kepada masyarakat bahwa hidup ini harus memegang prinsip keragaman sebagai sumber kekuatan Indonesia. (Pramono)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »