BUTUH BERAPA JAM UNTUK PINTAR?

Indikatornews.com

Semasa sekolah dulu, rasanya mustahil kamu bisa dijuluki siswa pintar kalo dapat ranking bontot. Apalagi gak lulus Ujian Nasional, rasanya dunia udah tamat deh. Ketatnya persaingan di sekolah mungkin memang bertujuan supaya siswa berlomba-lomba jadi lebih pintar.

 

Menurut peraturan resminya waktu belajar setiap hari di sekolah adalah 8 jam. Namun pada kenyataannya,  banyak siswa menghabiskan waktu di sekolah lebih dari 8 jam sehari, khususnya bagi siswa pada tingkat sekolah menengah.

Selain jam pelajaran wajib ada pula  tambahan jam pelajaran yang tidak wajib (tapi harus diikuti juga oleh siswa) yang bahasa populernya ekstra kulikuler alias eskul,dan sering diadakan di hari Minggu yang seharusnya merupakan hari dimana siswa dapat berkumpul bersama keluarga.

 

Terkadang bertambah miris jika melihat para siswa di Indonesia yang harus berangkat dan pulang sekolah dengan beban berat berupa tas punggung berukuran besar yang berisi buku-buku pelajaran. Padahal jika kita mengingat yang terjadi jaman dahulu kala,saat siswa Indonesia belajar hanya dengan menggunakan batu dan kapur tulis,tapi dapat banyak menghasilkan para pemikir ulung.

Sementara realita yang ada saat ini banyak siswa yang justru merasakan beban atau tekanan berat dalam hal belajar.

Terlintas pertanyaan “Sebenarnya untuk menjadi pintar bagi siswa di Indonesia,berapa jam sih waktu belajar yang harus dijalani setiap harinya di sekolah? “

Berbagai negara memang memiliki aturan berbeda mengenai jam sekolah, tetapi fakta yang ada bahwa Finlandia negara yang memiliki jam belajar sedikit di sekolah justru merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik meskipun tanpa PR (pekerjaan rumah/tugas ) dan memiliki murid terpintar di dunia.

Tentu saja tidak bisa serta merta menyontek sistem pendidikan Finlandia dan langsung menerapkannya di Indonesia. Dengan berbagai perbedaan institusional atau budaya, hasilnya juga mungkin gak bakal sama.

Tapi gak ada salahnya toh,mengambil inspirasi dan belajar dari negara yang dunia pendidikannya  udah sukses?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »