Butuh Tambahan Rp. 55 Miliar Tuntaskan Jalan Cisinga

Tasikmalaya, Indikator News

Kendati akses telah tersambung, Jalan Cisinga yang menghubungkan Ciawi-Singaparna sepanjang 23 kilometer tersebut, 2,5 kilometernya belum teraspal (masih berbatu dan   bergelombang serta menyempit karena terimpit tebing) antara kawasan desa Santanamekar Kecamatan Cisayong hingga Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya.

Terkendala anggaran APBD yang terbatas, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengusulkan di anggaran murni tahun 2019 ke Provinsi untuk menuntaskan jalan tembus Cisinga yang rencana awal harus tuntas tahun 2016 lalu. “Dibutuhkan dana senilai Rp. 55 miliar untuk pengaspalan dan leveling, pembuatan tembok penahan tanah serta kebutuhan lain agar jalan ini laik operasional,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tasikmalaya Drs. Yusep Yustiasiawandana, MM

Menurutnya, selain memangkas waktu tempuh dari Singaparna ke Ciawi dan sebaliknya juga bakal mendongkrak pengembangan ekonomi (salah satunya memudahkan mobilitas warga terutama petani dalam mengangkut hasil pertaniannya), akses menuju kawasan wisata atau lokasi-lokasi pariwisata Kabupaten Tasikmalaya lebih mudah terjangkau pengunjung jika Jalan Cisinga telah beroperasi dan laik untuk digunakan.

Drs. Yusef Yustisiawandana, MM

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Tasikmalaya  Drs. Asep Saeful Bahri, M. Si mengatakan, selain memudahkan akses ke lokasi kunjungan wisata Gunung Galunggung yang menjadi ikon Kabupaten Tasikmalaya, destinasi wisata alam seperti sejumlah curug atau air terjun berpotensi untuk dikembangkan termasuk pemandangan yang tersaji sepanjang jalan Cisinga dengan kontur perbukitan dan lembah serta hamparan sawah di kiri kanan jalan dengan deretan teraseringnya.

“Curug Badak dan Curug batu Blek serta kawasan hamparan pesawahan Kiarajangkung dan Sukahening yang mirip seperti di Ubud Bali merupakan potensi wisata alam yang terjangkau pengunjung bila akses Cisinga sudah rampung,” jelasnya setelah Rapim di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, rabu (9/1/2019) @ Ayi Darajat




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »