CALON PERSONEL INDONESIAN COAST GUARD TIMBA ILMU IMMP

Jakarta, Indikatornews.com

Sebanyak 200 calon personel Indonesian Coast Guard menjalani berbagai materi latihan, salah satunya adalah Ilmu Medan dan Membaca Peta (IMMP). Mereka adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bakamla RI yang sedang mengikuti Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) di Mako Batalyon Infanteri 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (SBY), Stokok, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (12/02/2018).

Ilmu medan dan membaca peta disampaikan oleh seorang instruktur pilihan dari Yonif 10 Mar/SBY, bernama Sertu Marinir Arik Novika Tama. Metode latihan dimulai dengan teori di kelas mempelajari cara meghitung jarak dan langkah, kemudian kompas siang dan kompas malam, serta menjelajahi medan dengan menggunakan lembaran peta. Adapun alat instruksi yang digunakan untuk pendalaman ilmu ini berupa lembaran peta, kompas, alat tulis, dan protektor.

IMMP adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk medan atau permukaan bumi dan mempelajari bagian-bagian permukaan bumi tersebut yang digambarkan pada bidang datar. “Tujuan dari pelajaran ini untuk membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan tentang ilmu medan dan membaca peta”, kata Instruktur.

Adapun sasaran latihan yang dilakukan siang dan malam tersebut, diharapkan para siswa mampu untuk meghitung jarak dan langkah di peta dan di medan sebenarnya, kemudian menguasai kemampuan kompas siang dan kompas malam, serta jalan dengan menggunakan lembaran peta, kata Kasilat Opsla Mayor Bakamla Waskito Alim Hadi Prabowo, S.T., yang selalu setia menemani para siswa mandi keringat siang dan malam.

Kegiatan ini merupakan salah satu materi pelajaran bagi siswa CPNS Bakamla RI selama mengikuti penggemblengan di Kawah Candra Dimuka Kesatrian Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »