Tren

SIAPA PAKAI SCRAF?  Dunia fashion bisa dikatakan sebagai dunia yang tidak pernah mati atau kehabisan ide untuk setiap trendnya. Bahkan, pakaian-pakaian trend tahun 80-an pun bisa dihidupkan kembali sebagai trend saat ini. Tidak berhenti disitu, bahkan saat ini dunia fashion sedang digandrungi trend penggunaan scarf.

Seperti yang kita tahu, mungkin penggunaan scarf akan lebih dominan dan identik dengan kaum wanita.

Tapi, tahukah kamu bahwa pada sejarah, awalnya scarf diperuntukkan untuk pria?

Scarf memiliki sejarah panjang. Dimulai dari Ancient Rome atau zaman Romawi Kuno. Waktu itu, scarf digunakan sebagai kain penyeka keringat bagi kaum pria. Atau, bahasa latinnya dikenal dengan sebutan Sadarium. Seiring perkembangan, bangsa Romawi Kuno mengembangkan scarf menjadi mode busana kaum pria, dengan menggunakannya dengan dililitkan di leher atau diikatkan di ikat pinggang.

Scarf juga digunakan oleh bangsa Cina untuk menandai pangkat tentara kaisar Cina Cheng (Shih Huang Ti). Lalu, perluasan pemakaian scarf dilakukan oleh tentara Kroasia pada abad ke-17.

Di Prancis, penggunaan scarf begitu populer dikenakan oleh kaum pria. Dan, didapuk sebagai salah satu item fashion. Awalnya, scarf digunakan sebagai penanda aliran politik dengan perbedaan warna sebagai tandanya. Waktu berjalan, dan penggunaan scarf kemudian berkembang dengan bentuk dan model seperti sekarang ini. Sejak saat itu, scarf tidak lagi digunakan oleh pria saja, tetapi juga untuk wanita dan anak-anak.

Awalnya pun, scarf terbuat dari kain biasa, bukan wol atau sutra. Baru kemudian setelah jadi popular di Prancis, penggunaan kain yang dipakai berubah menjadi wol, sutra, katun, beludru, satin, dan bermacam-macam kain lainnya.

Kini, seperti bisa kita lihat, pemakaian scarf sudah sangat modis & fleksibel. Setiap orang memiliki kebebasa berkreasi dalam penggunaan scarf. Entah itu di leher, pinggang, diikat di tangan, dililitkan di tas, dan lain-lain. Kalau di Indonesia, populer penggunaan scarf untuk penutup kepala.

Selain itu, salah satu keunggulan scarf adalah menjadi item fashion yang bisa dipakai disegala musim dan cuaca.

Penggunaan Scarf pada tas

 

 

 

 

 

 


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »