Danlantamal VIII Pimpin Peringatan HUT TNI AL ke-74

Manado, Indikatornews.com

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud., memimpin upacara peringatan HUT TNI AL ke-74. Upacara Peringatan yang dihadiri Wadan Lantamal VIII, Para Asisten Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan yang berada di lingkungan Lantamal VIII tersebut berlangsung di Lapangan Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Pall Dua, Manado, Selasa (10/9).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.A.P., dalam amanat tertulis yang dibacakan Danlantamal VIII mengatakan selama 74 tahun TNI AL telah menunjukan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis. Ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus dan tindakan mitigasi yang tepat. Selama ini pula, TNI AL telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya. “Dengan demikian keunggulan SDM TNI AL merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi. Kita semua berkeinginan agar TNI AL diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional,” ujar Kasal.

Dalam upacara peringatan tersebut juga dilaksanakan penyematan Satya Lencana (SL) kesetian VIII tahun kepada Klk TTU Jonas P, SL XVI tahun kepada Koptu TTU Silistyo dan SL XXXII tahun kepada Serka Nav Devi Mawikere serta Bintang Nararya kepada Peltu PUM Rasyid Raharjo.

Sebelum dilaksanakan upacara peringatan HUT ke-74 TNI Angkatan Laut di Mako Lantamal VIII, Danlantamal VIII juga telah memimpin ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi.

Kedua kegiatan tersebut diikuti para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Lantamal VIII serta anggota Korcab VIII DJA II. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »