Darurat Bencana, Kodim Samarinda Latihan Gladi Posko

Samarinda, Kalimantan Timur – Kodim 0901/Samarinda menggelar latihan gladi posko dengan tema “Kodim melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi Bencana Kebakaran Lahan/Hutan di Wilayah”, di kantor aula Makodim 0901/Samarinda Jl. Gajah Mada Kel. Bugis Kota Samarinda Prov. Kalimantan Timur, Rabu (22/5).

Kegiatan ini digelar selama 3 hari, 22 sampai dengan 24 Mei 2019, sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam khususnya kebakaran hutan dan lahan.

Danrem 091/ASN Brigadir Jenderal TNI Widi Prasetijono dalam amanatnya yang di bacakan Kasi Ops Korem 091/ASN Kolonel Inf Hendri Wijaya, SE mengatakan, “Sebagaimana kita ketahui wilayah Kalimantan Timur termasuk daerah yang potensi bencananya cukup kompleks, terutama kebakaran lahan/hutan, sehingga harus terus memelihara kesiapan personil, berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk antisipasi secara dini. Kunci keberhasilan penanganan bencana yakni pola koordinasi yang bagus, persamaan prosedur penanganan dengan instansi terkait, sehingga mendukung penanggulangan bencana”.

“Selain itu bila ditinjau dari segi pertahanan dan keamanan, Kodim 0901/Samarinda (Smd) sebagai salah satu Komando Kewilayahan yang ada di wilayah Korem 091/ASN memiliki peran penting menciptakan stabilitas keamanan dalam rangka terwujudnya Pertahanan Kewilayahan. Oleh sebab itu, keterampilan dan pengetahuan para prajurit yang bertugas di Komando Kewilayahan khususnya Kodim 0901/Smd ini harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan agar memiliki kualitas prajurit yang profesional, mulai dari unsur staf sampai dengan Komandan sebagai unsur pimpinan,” jelasnya.

“Latihan Posko-I Kodim 0901/Smd ini sebagaimana yang telah dilakukan di satuan lain merupakan suatu bentuk latihan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan kegiatan yang telah dipelajari atau dilatihkan sebelumnya, dengan tujuan kemampuan yang harus dicapai pada tingkat menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja antara Komandan dan Staf di satuan Kodim 0901/Smd mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pengendalian suatu operasi sampai dengan tahap evaluasi,” ungkapnya.

Danrem juga menambahkan, “Segenap jajaran TNI khususnya Kodim 0901/Smd harus mampu berdampingan dengan instansi terkait dalam penanganan bencana walaupun sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), selain itu tugas penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi merupakan salah satu tugas TNI AD yang tercantum dalam doktrin TNI AD “Kartika Eka Paksi” dan Undang – Undang TNI Nomor 34 tahun 2004 yaitu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”. (Penrem 091/ASN/SP)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »