Dinas Kesehatan TNI AU Kerjasama dengan US INDOPACOM untuk Evakuasi Korban Lintas Negara

Jakarta, Indikatornews.com – Guna meningkatkan Profesionalisme Prajurit, Dinas Kesehatan TNI AU bekerjasama dengan US INDOPACOM dalam bentuk Casualty Evacuation (CASEVAC) Subject Metter Expert Exchange (SMEE) Full Spectrum Patient Movement di Gedung Graha Antariksa RSAU dr. Esnawan Antariksa, Jakarta, Kamis (18/07/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini merupakan acara ilmiah tentang evakuasi korban yang bersifat lintas negara. Dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari seluruh instansi yang terkait dengan bidang ini.

Kegiatan diawali dengan penayangan profile singkat RSAU dr. Esnawan Antariksa. Kemudian dilanjutkan dengan pernyataan resmi dibukanya kegiatan ini oleh Kasubdis Matfaskes Diskesau Kolonel Kes dr. M.Rowi, Sp.S serta penyematan peserta kegiatan dilanjutkan foto bersama mengawali pembukaan acara.

Dalam acara ini juga dipaparkan materi tentang Disaster management, Casevac dan Medevac oleh berbagai narasumber. Pembicara TNI dan INDOPACOM menjelaskan pelaksanaan SOP sesuai dengan pengalaman dalam misi non militer mereka selama ini, sedangkan pembicara AHA Center menjelaskan SOP tentang kerjasama negara-negara ASEAN dalam penanggulangan bencana.

Pada Kegiatan SMEE ini juga dilakukan TTX (Table Top Exercise) di penghujung setiap sesi untuk memberikan pengalaman secara teoritis dan berbagi pengalaman yang berguna untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan dalam memberikan respon terhadap kejadian bencana.

“Indonesia merupakan wilayah rawan bencana. Seperti diketahui kita berada di kawasan “Ring of Fire”. Maka kegiatan seperti ini sangat positif. Kita bisa berbagi pengalaman bagaimana Medis harus bertindak ketika bencana terjadi,” ungkap Komandan Batalyon Kesehatan 1 Marinir Mayor Laut (K) drg. M. Arifin, Sp. Ort., Mtr.

Dalam kegiatan ini delegasi TNI dipimpin Kolonel Laut (K) dr. Suswardana Sp.KK berjumlah 20 orang, sedangkan Delegasi Hawaii National Guard( US Airforce,US Army, US Marine, US Navy) berjumlah 15 personel dipimpin oleh Major dr. Will Chu.

Rangkaian acara kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara Marsma TNI Dr. Didik Kestito, Sp.U., M.M.R.S. dan dihadiri juga Kalakespra Marsma TNI dr. F.Sukma Wahyudin, Sp.S., M.Kes, pejabat Diskesau dan Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa Kolonel Kes dr. Mukti Arja Berlian, Sp.PD.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan BNPB, Basarnas, PMI, AHA Center, Perdospi, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Wilker Halim, Balai Kesehatan Penerbangan Kementrian Perhubungan, Kedokteran Komunitas FK UI, Kedokteran Komunitas FK Unair, Ikatan Pilot Indonesia dan Mahena Agency. Dari pihak militer sendiri, selain dihadiri oleh para Komandan Batalyon Kesehatan dari tiga angkatan (Yonkes Kostrad, Yonkes Marinir, Yonkesau), hadir pula perwakilan dari skadron-skadron udara dari TNI, diantaranya skadron udara 2, skadron udara 31, skadron udara 17 dan skadron udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma, perwakilan dari Skadron 6 dan Skadron 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, Wing 1 Paskhas Halim, Kesehatan Kostrad, Puskesad, RS TK II Mintoharjo dan Komandan Penerbal Pondok Cabe. (SP)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »