FESTIVAL PESANTIAN DAN GEGUNTANGAN

Jakarta, Indikatornews.com
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan membuka acara Festival Pesantian dan Geguntangan ke-6 di Pura Candra Prabha Jelambar, Jakarta Barat, Minggu (11/11). Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Anies menegaskan komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk menciptakan suasana nyaman dan rasa memiliki atas kota Jakarta bagi seluruh warganya, termasuk pemeluk agama Hindu. Pemprov DKI Jakarta, lanjut Gubernur Anies, juga akan memfasilitasi segala bentuk kegiatan keagamaan di wilayah Ibu Kota.

“Kita ingin agar masyarakat di Jakarta memiliki perasaan yang sama bahwa kota ini setara bagi semua, rumah bagi semua, milik kita semua, dan bersahabat bagi kita semuanya. Komitmen kita semua adalah yang menjadi kebutuhan dasar bagi umat beragama di Jakarta harus terpenuhi dengan sebaik-baiknya oleh Pemprov DKI Jakarta,” tegasnya.

Dalam pembukaan acara Festival Pesantian dan Geguntangan, Gubernur Anies juga kembali mengingatkan terkait pengembangan suatu kebudayaan. Menurutnya, kebudayaan bukan hanya dilestarikan tapi harus dikembangkan. “Kebudayaan tak bisa dipandang sesuatu yang statis. Nilai dan norma dipertahankan, itu yang jadi pembeda, tapi ekspresinya dia harus mengikuti perubahan zaman,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan festival seperti ini, tambah Gubernur Anies, turut menjadi kesempatan untuk memunculkan terobosan baru bagi generasi muda. Sehingga, bukan hanya mencintai warisan budaya, tetapi juga mengembangkan warisan budayanya. “Kegiatan festival ini benar-benar menjadi wahana tumbuhnya artikulasi seni budaya umat Hindu. Khususnya, para anak mudanya, sehingga ke depan mereka juga akan mengembangkan terobosan-terobasan kebudayaan sesuai perkembangan zaman,” ujarnya.

Untuk diketahui, Festival Pesantian dan Geguntangan VI Tahun 2018 bertemakan ‘Melalui Festival Pesantian dan Geguntangan Kita Tingkatkan Nilai Seni dan Budaya Menuju Kehidupan Yang Harmonis’. Diharapkan, festival ini dapat menjadikan kebhinekaan sebagai perekat di antara sesama umat Hindu dengan umat beragama lainnya, membangun kebersamaan, serta solidaritas dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, seperti tema yang diusung pada acara ini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »