Haneul Park, Dari TPA Jadi Tempat Wisata Indah

Indikatornews.com – Terletak di kawasan World Cup Park, menjadikan Haneul Park taman yang begitu unik dari yang lain. Taman yang dulunya adalah bekas tempat pembuangan sampah, dapat disulap menjadi sebuah taman yang cantik dalam kurun waktu 6 tahun. Memang untuk mengangkat semua sampah dan menyeimbangkan keadaan tanah di lahan tersebut memakan waktu yang tidak sebentar.

Haneul Park merupakan satu diantara 6 taman yang ada di kawasan Seoul World Cup Stadium. Haneul sendiri dalam bahasa Korea yang artinya langit merupakan taman yang letaknya paling tinggi diantara taman yang lain. Wajar saja, jika untuk mencapai Haneul Park membutuhkan sedikit perjuangan. Karena, letak taman ini berada di atas bukit.

Mobil dengan tenaga listrik berkapasitas 10 penumpang yang siap mengantar pengunjung mengelilingi bukit Haneul dengan tarif 3500 Won

Kalian harus berjalan melewati jembatan dan tangga zig-zag yang menghubungkan antara daerah stadium dan taman. Ketika sampai di puncak taman, kamu bisa langsung melihat hamparan rerumputan nan hijau, juga pemandangan gunung Namsan, Gwanaksan, dan Samgaksan.

Bukit Haneul difoto dari seberang Sungai Han, dengan latar belakang pembangkit listrik tenaga sampah

 

Di latar belakang foto terdapat taman rekreasi di puncak bukit Haneul

Luas Haneul Park sendiri sekitar 192.000m2. Di Haneul Park juga terdapat sebuah kantor yang berisikan orang-orang sukarelawan yang akan menjelaskan seluk-beluk Haneul Park sebelum menjadi seperti sekarang ini. Dari awal Haneul Park hanya tempat yang penuh tumpukkan sampah, menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi orang.

Dua wanita paruh baya adalah relawan yan akan memandu tamu serta menjelaskan seluk beluk Pulau Haneul

Selain itu, Haneul Park juga memiliki 5 kincir angin yang memproduksi listrik untuk menghidupkan lampu taman. Juga, gas metana yang dihasilkan oleh tanah bekas TPA.

Untuk kalian yang ingin refreshing, menenangkan pikiran, atau bahkan hanya untuk sekedar menikmati pemandangan yang menyejukkan, kalian harus banget menempatkan Haneul Park ke dalam itinerary perjalanan kalian. (AW)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »