IU Merayakan 15Th Debut

Indikatornews.com

 

Lee Ji-Eun atau yang biasa dikenal dengan panggilan IU adalah seorang penyanyi, komponis, aktris, gitaris, penari, dan mc. Perempuan kelahiran 16 Mei 1993 ini melakukan debut pertama kali pada tahun 2008 di bawah naungan LOEN Entertainment dengan genre musik K-Pop.

Sebagai salah satu artis solo terlaris dalam industri K-Pop, IU berhasil masuk ke peringkat No 19 dalam “The 23rd Annual Independent Critics List of The 100 Most Beautiful Faces” pada tahun 2012. Ia juga telah dimasukkan dalam daftar tahunan “Korea Power Celebrity” oleh majalah Forbes sejak tahun 2012.

Sepanjang perjalanan karirnya, IU tidak hanya menggeluti bidang musik. Ia juga kerap tampil sebagai aktris dalam berbagai drama. Sebut saja “Hotel Del Luna” serial K-Drama yang baru-baru ini berhasil membawa nama IU kembali diperbincangkan berkat aktingnya yang menawan sebagai karakter “Jang Man Weol”.

Perjalanan Karir

Pada 18 September 2008, IU tampil pertama kali di acara Mnet M! Countdown. “Lost and Found” merupakan album pertamanya yang tidak menuai hasil memuaskan baginya.

Pada 16 April 2009, IU meluncurkan full album pertamanya  berjudul “Growing Up”, dengan lagu andalan “Boo” yang berhasil menduduki peringkat #1 SBS Inkigayo dalam waktu tiga minggu.

Pada 27 Juni 2010, IU berhasil memenangkan penghargaan pertamanya sejak dia debut di SBS Inkigayo untuk lagu “Nagging”. Dan, di bulan berikutnya, ia juga memenangkan penghargaan lainnya untuk lagu tersebut dalam KBS Music Bank KChart.

Pada tahun 2011, album IU “Last Fantasy” yang dirilis pada 29 November 2011, berhasil menduduki semua peringkat chart.

Pada awal 2012, IU mengumumkan tur solo perdananya yang bertajuk “Real Fantasy” yang dimulai pada bulan Juni. Tur tersebut menampilkan pertunjukan di enam kota berbeda di seluruh Korea Selatan, termasuk Seoul dan Busan.

Pada 2013, IU tampil untuk pertama kalinya di Singapura pada acara konser 2013 MBC Korean Music Wave yang juga dibintangi oleh sederet bintang K-Pop lainnya. Di tahun yang sama juga, IU banyak membintangi sejumlah judul serial K-Drama.

Lalu, pada 16 Mei 2014, IU merilis album extended-play Korea keenam dan album cover pertama, “A Flower Bookmark”. Sepanjang tahun 2014, IU berkolaborasi dengan seniman lain dan menghasilkan sepuluh hits teratas, seperti “Not Spring, Love, or Cherry Blossoms” yang menampilkan IU sebagai penulis lirik & vokalis, dan menjadikannya nomor satu terbaik di Gaon Digital Chart dan Billboard Korea K-Pop Hot 100. Setelah “Not Spring, Love, or Cherry Blossoms” menduduki puncak tangga lagu Billboard Korea K-Pop Hot 100, IU menjadi “pemimpin chart sepanjang masa” dengan lima lagu nomor satu dan artis yang telah menghabiskan paling banyak minggu di nomor satu sejak penciptaan tangga lagu pada bulan September 2011.

Pada 23 Oktober 2015, IU merilis album mini ketujuh “Chart-Shire” secara digital. Sedangkan rilis fisiknya dilakukan pada 27 Oktober 2015.

Dan, dari tahun 2017 hingga sekarang, IU telah menerbitkan album studio keempatnya berjudul “Palette” pada tanggal 21 April 2017. “Palette” memulai debutnya di atas peringkat World Albums Billboard untuk pertama kali. Dalam konsernya yang terakhir kali, IU juga menyebutkan bahwa ia mendapat beberapa masukkan saran dari Leader Bigbang, G-Dragon, untuk menyelesaikan albumnya. Tak hanya itu, sebuah single dengan judul “Palette” juga, IU berduet dengan icon K-Pop yang tengah menjalani wamil itu.

Image result for iu palette

IU &  Sederet Artis Korea Lainnya

IU & G-Dragon

Masih dalam konsernya yang terakhir kali, IU menyebutkan bahwa G-Dragon memberinya sebuah hadiah yang berupa CD Album “Palette” miliknya yang dihias dan digambar oleh laki-laki pemilik nama asli Kwon Ji-Yong tersebut. Kedekatan keduanya bermula sejak mereka dipertemukan dan berada dalam satu panggung untuk pertama kalinya di acara variety show “Infinte Challenge”.

Tak hanya itu, pertemanan keduanya yang begitu dekat dan saling support itu dibuktikan dengan kehadiran IU pada konser G-Dragon bertajuk “ACT: III M.O.T.T.E” yang saat itu tengah digelar di Seoul dan Taipei. Dan, kehadiran G-Dragon pada konser IU pada 9 Desember 2017.

IU & Taeyang

Dalam sebuah wawancara jadul, IU dengan blak-blakan mengungkapkan bahwa ia merupakan seorang fans dari Taeyang “Bigbang”. IU memang dikenal sebagai fans berat dari suami Min Hyo Rin ini. Bahkan, dalam setiap wawancara, IU selalu menyebut Taeyang sebagai pria yang ideal baginya.

IU & Jungkook

Dalam sebuah wawancara BTS bersama Yahoo Music, semua member BTS diwawancari oleh seorang wanit. Ketika ditanya album siapakah yang pertama kalian beli dalam hidup kalian. Lalu, Jungkook menjawab,”IU.” Salah satu member BTS ini juga memang dikenal sebagai fans berat dari IU.

Image result for iu g dragon

Saat G-Dragon menghadiri konser IU

Anniversary

Hari ini bertepatan dengan debut ke 15th IU.

Happy Anniversary, IU!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »