Jangan Takut, Adukan Pelayanan Publik Kurang Baik

Jakarta, Indikatornews.com – Menteri PANRB Asman Abnur mengajak seluruh warga masyarakat untuk mengadukan pelayanan publik yang kurang baik melalui kanal pengaduan LAPOR!.

“Saat ini masyarakat yang ingin mengadu persoalan pelayanan publik dapat menggunakan kanal LAPOR!, melalui sms ke nomer 1708 atau melalui website lapor.go.id,” kata Asman, di acara Gerakan Sadar LAPOR di Jakarta, Minggu (15/07/2018) lalu, seperti dikutp dari menpan.go.id.

Lebih jauh Menpan RB menjelaskan, laporan yang berasal dari masyarakat akan masuk ke tim LAPOR! yang dikelola Kementerian PANRB.

Setelah aduan masuk kemudian akan didistribusikan ke Kementerian/Lembaga terkait. Kebijakan bagus tanpa sosialisasi akan percuma. Untuk itu, gerakan sadar lapor hadir untuk mengajak masyarakat  tidak segan atau takut untuk mengadukan layanan publik yang kurang baik.

“Instansi yang tidak menindaklanjuti pengaduan selama beberapa hari, akan mendapatkan teguran. Melalui upaya tersebut diharapkan instansi terkait dapat responsif menangani pengaduan dari masyarakat,” pintanya.

Menpan RB juga mendorong masyarakat untuk mengkritisi pelayanan yang diberikan pemerintah, apabila layanan yang diberikan tersebut tidak baik.

Hal tersebut  sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang ingin birokrasi atau pelayanan tidak bertele-tele. Terlebih dengan kecanggihan sistem teknologi informasi (TI), dapat memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus perizinan atau lainnya.

Ia menargetkan melalui gerakan sadar lapor, 80 persen masyarakat mengetahui tempat untuk melapor perihal pelayanan publik. (hms/vn)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »