Jokowi Menulis

Indikatornews.com

Sepanjang tahun 2018, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun 128 menara rumah susun di pondok-pondok pesantren di 20 provinsi di Indonesia, dari Aceh sampai Sulawesi Selatan. Seluruh menara itu terdiri atas 3.839 unit rumah susun.

Di Provinsi Jawa Barat, misalnya, pemerintah membangun 27 rumah susun hunian santri selama menuntut ilmu, di antaranya ada di Ponpes Miftahul Huda Ciamis, Al-Hikamussalafiyah Purwakarta, Darul Arqam Garut, Al Amin Indramayu, Miftahul Huda Cianjur, dan lain-lain.

Begitu juga diprovinsi-provinsi lain seperti Jawa Timur dengan 30 menara di berbagai pondok pesantren, Sulawesi Selatan dengan 10 menara, atau empat menara di pesantren-pesantren di Sulawesi Tengah.

Inilah bentuk dukungan pemerintah kepada pondok-pondok pesantren dalam mendidik santri yang religius, nasionalis dan berakhlakul karimah. Hunian layak berupa rumah susun yang berbeda dengan rumah tapak mendorong para santri menyesuaikan diri. Dengan sikap toleransi dan banyak berempati, membuat hidup di rumah susun jadi lebih nyaman.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »