Kilauan Ratoh Jaroe Yang Memukau Dunia

Indikatornews.com

Setuju ya kalo opening Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu merupakan salah satu opening terbaik?

Opening Asian Games 2018 yang dibuka dengan aksi Presiden Jokowi naik sebuah motor juga menjadi salah satu trending di berbagai situs mancanegara.

Usaha kerja keras anak bangsa ini layak dan patut untuk diberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Ini membuktikan bahwa Indonesia bisa menyajikan sebuah opening ceremony dengan kualitas international.

Selain aksi Presiden Jokowi naik motor yang sempat menyita perhatian publik, ada juga tari Ratoh Jaroe yang membuat kita semua takjub.

 

Tari Ratoh Jaroe

Tari Ratoh Jaroe sendiri adalah sebuah tarian yang berasal dari Aceh. Yang dilakukan oleh penari perempuan berjumlah genap dan  bersyair bahasa Aceh. Tari Ratoh Jaroe ini merupakan perpaduan harmonis antara gerak badan dan tangan. Formasi, kekompakan dan alunan musik rapa’i menjadi ciri khas tarian ini. Rapa’i sendiri merupakan instrumen perkusif asli Aceh yang berbentuk seperti rebana dengan warna dasar hitam dan kuning muda, yang dibuat dari bahan dasar berupa kayu dan kulit binatang.

Tari Ratoh Jaroe seringkali dianggap sebagai Tari Saman. Sedangkan, ketika tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia, maka sejak itu Tari Saman dilarang untuk dibawakan oleh wanita. Tari Saman hanya boleh dibawakan oleh para lelaki dengan menggunakan pakaian khas Gayo dan bersyair bahasa Gayo.

Tari Ratoh Jaroe sendiri hanya menggunakan pakaian polos merah, kuning, hijau, dan lainnya yang dipadu dengan songket Aceh dengan penggunaan ikat kepala berwarna polos. Dan, dalam tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Image result for ratoh jaroe opening asian games 2018

 

Songket Aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian barat Indonesia yang dijuluki Swarnabhumi atau Swarnadwipa, yang berarti Pulau Emas.

Julukan ini diberikan karena masyarakat Sumatera yang senang mengenakan kain tenun yang gemerlap warna, corak, dan terpancar bagai kilauan emas.

Kain songket Aceh adalah kerajinan tangan yang dilakukan secara tradisional dan turun menurun dengan menggunakan alat tenun tradisional berupa alat-alat yang terbuat dari kayu dengan menggunakan barang emas.

Hasil tenun berupa kain songket Aceh digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bahan pakaian adat Aceh, hiasan meja, hiasan dinding, hantaran pernikahan, hingga cinderamata khas Aceh.

Image result for songket aceh

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »