Klopp Antar Liverpool Juara Liga Champions

Jakarta, Indikatornews.com – Keberhasilan Liverpool merebut juara Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam babak final di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/06) dini hari adalah buah dari tangan dingin Juergen Klopp, arsitek “The Reds” asal Jerman.

“Tanpanya (Klopp), semua ini tak mungkin,” kata kapten Liverpool, Jordan Henderson seusai pertandingan.

Dilansir dari laman resmi uefa.com, Klopp telah membawa perubahan yang sangat positif bagi Liverpool sejak kedatangannya pada Oktober 2015. “Dia sangat luar biasa,” lanjut Henderson.

Bersama Klopp Liverpool sukses menembus empat babak final, namun gagal di tiga ajang sebelumnya. Musim pertamanya di Anfield dia membawa Liverpool ke final Piala Liga Inggris namun kalah dari Manchester United. Kemudian dia juga sukses membawa Liverpool menembus final Liga Europa tgapi kalah lawan Sevilla.

Musim lalu keberhasilan Klopp membawa timnya ke final diperlihatkan ketika Liverpool menembus final Liga Champions. Sayang, kegagalan lagi-lagi mewarnai perjalanannya saat tumbang dari Real Madrid di final, sampai akhirnya dia bisa mewujudkan gelar juara musim ini di Madrid.

Menurut Henderson, capaian itu tidak lepas dari kebersamaan yang berhasil diciptakan Klopp di Anfield. “Ada sebongkah kebersamaan di tim ini, ia telah menciptakan suasana ruang ganti yang spesial. Segala puji wajib dialamatkan kepadanya,” Henderson melanjutkan.

Henderson sendiri merasa bangga bisa menjadi bagian dari tim juara. Baginya ini adalah catatan yang spesial.

Dalam pertandingan di Madrid, Liverpool sudah unggul 1-0 saat pertandingan memasuki menit kedua babak pertama. Liverpool membuka keunggulan atas Tottenham dari titik penalti. Gol pembuka diciptakan Mohammad Salah.

Keunggulan cepat itu berhasil ditambah oleh gol pemain pengganti Divock Origi pada menit ke-87.

Kemenangan itu mengantarkan Liverpool meraih trofi keenam Liga Champions sejak pertama kali merebutnya pada musim 1976-1977.

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko (Eric Dier), Harry Winks (Lucas Moura); Bamidele Alli (Fernando Llorente), Christian Eriksen, Son Heung-min; Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum (James Milner); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane (Joe Gomez)
Pelatih: Juergen Klopp (KS)

 

Keterangan Foto: Liverpool juara Liga Champions 2019. (foto: uefa.com/gettyimages)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »