Liburan juga belajar

Indikatornews.com

Ketika  libur sekolah datang, banyak orang tua tidak melakukan persiapan terlebih dahulu. Ini terkadang menjadi penyebab waktu liburan sekolah si anak menjadi tidak terarah sehingga anak tidak memperoleh waktu liburannya dengan optimal. Padahal waktu liburan sekolah yang diperoleh anak adalah sebuah kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk memberi tambahan pendidikan bagi anak.

Sebelum waktu liburan datang, ada baiknya orang tua membicarakannya dengan anak, tentang berbagai pilihan alternatif kegiatan yang bisa dilakukan pada saat libur sekolah. Mereka perlu diberi informasi beberapa pilihan yang tersedia untuk mengisi liburan. Misalnya apakah pilihannya berwisata ke pantai, gunung atau hanya di rumah saja dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Ini akan mengajarkan anak tentang pentingnya sebuah perencanaan sebelum melakukan sebuah kegiatan.

Selain pilihan tempat dan kegiatan yang akan dilakukan, orang tua juga perlu memberitahukan mengenai anggaran biaya yang akan dihabiskan pada setiap pilihan yang ada. Seperti untuk biaya transportasi, akomodasi, tempat wisata dan komsumsi. Ini memberikan sebuah pendidikan pada anak bagaimana untuk bisa mengelola dana yang ada dengan baik.

Ketika sudah memutuskan tujuan dan anggaran yang akan digunakan, maka anak perlu diberi informasi tentang apa saja persiapan yang harus dibawa. Misalnya jika tujuan berlibur ke daerah pantai, tentunya perlu membawa baju berenang, topi, sun block dan lain-lain. Anak bisa diajarkan membuat daftar barang-barang mereka yang akan dibawa, dan menyiapkannya sendiri. Ini tentu saja menjadikan anak belajar mandiri dan bertanggung jawab akan barang-barang miliknya sendiri.

Setelah itu berikan informasi pada anak mengenai aturan yang berlaku selama melakukan kegiatan berlibur tersebut. Misalnya, anak tidak boleh berpisah dari orang tua, harus selalu memperhatikan instruksi yang diberikan dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi panduan bagi anak selama berlibur dan menjadikannya bedisiplin.

Kegiatan mengisi liburan  sekolah tidak hanya penting bagi anak, tapi ini saat penting juga bagi orang tua untuk bisa membentuk karakter anak dari kegiatan ini.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »