MANFAAT SENAM BAYI (Tummy Time)

Indikatornews.com

Bukan hanya kita saja,  bayi pun perlu olah raga.  Olah raga untuk bayi biasa disebut Tummy Time atau Senam Bayi yang bisa dilakukan di rumah.  Gerakan senam bayi tentu disesuaikan dengan usia dan kemampuan masing-masing bayi yang berbeda-beda.  Karenanya, sangat penting untuk berkonsultasi dulu ke Dokter Spesialis Anak yang biasa menangani bayi Anda.

 

Manfaat Baby Gym

Menurut Dr. Dimple Nagrani, Sp.A, senam bayi dapat dilakukan dengan cara menyenangkan dan akan mempererat hubungan Ibu dan Anak.  Tummy time atau senam bayi sudah dapat dilakukan sejak bayi baru lahir. Mudah sekali, ibu atau ayah dapat memposisikan bayi dalam posisi tengkurap, tentu dengan memastikan agar saluran pernapasan bayi selalu terjaga. Tummy time dapat juga dilakukan dengan memposisikan bayi tengkurap di dada atau pangkuan Anda sebagai bentuk waktu bermain dan senam bayi. Mulailah terlebih dahulu selama 3-5 menit, kemudian dapat ditambah waktunya seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Dengan senam bayi, orangtua juga dapat mengamati perkembangan motorik bayinya dengan lebih baik, khususnya perkembangan motorik bayi seperti perkembangan keterampilan otot-otot besar (ketrampilan motorik kasar) dalam membolak-balikan tubuhnya, duduk, merangkak dan berjalan serta keterampilan otot-otot kecil (ketrampilan motoric halus), misalnya mengambil benda dengan ibu jari dan telunjuk.   Manfaat lainnya menurut Dr. Dimple saat ditemui di salah satu rumah sakit terkenal di Jakarta Pusat  adalah :

  • Menguatkan otot-otot persendian
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan
  • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan fungsi tubuh
  • Menjaga agar berat badan bayi tidak berlebih
  • Meningkatkan kemampuan bayi merespon rangsangan dari lingkungan
  • Memberi kesempatan pada bayi untuk bereksplorasi dengan bagian tubuhnya sendiri
  • Deteksi dini atas kemungkinan terjadinya penyimpangan perkembangan bayi

 

Tempat yang tepat

Setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda, Anda sudah bisa melakukannya sendiri di rumah, pastikan aliran udara dalam keadaan lancar, hangat dan tidak pengap.  Pilih tempat dengan permukaan rata dan gunakan alas bermain atau playmat tebal untuk tummy time atau senam bayi. 

 

Persiapan Senam Bayi

  • Pastikan bayi dalam keadaan sehat dan tidak sedang sakit atau memiliki kondisi yang disarankan dokter untuk tidak banyak beraktivitas
  • Bayi tidak dalam keadaan lapar (+ 1jam setelah makan) atau mengantuk
  • Tidak memaksakan bayi melakukan posisi dan gerakan tertentu
  • Pastikan bayi menggunakan pakaian yang nyaman dan atau hanya menggunakan popok saja. Bila hanya menggunakan popok, pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin untuknya
  • Pastikan juga tangan Anda dalam keadaan bersih. Sebaiknya kuku jari Anda terpotong pendek dan tidak mengenakan perhiasan yang dapat membuat bayi tergores. (*)

 

 


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »