Menpan-RB : Tomohon Memiliki Potensi Pariwisata

Sulut, Indikatornews.com – Keindahan serta keunikan Kota Tomohon, Sulawesi Utara dinilai dapat menjadi modal sebagai daerah tujuan wisata, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Sementara itu, pemandangan yang indah serta spot wisata yang cukup banyak, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

“Tomohon memiliki potensi pariwisata yang besar. Kuliner di Kota Tomohon macam-macam. Dari tadi malam saya tidak berhenti makan. Pagi ini kopinya juga enak, jadi saya pikir ini bisa jadi modal besar menjadi destinasi wisata,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur, di Tomohon, Sabtu (21/04/2018) lalu, seperti dikutip dari menpan.go.id.

Kekaguman Menpan-RB dimulai saat melakukan kegiatan jalan santai mengelilingi pusat Kota Tomohon, dan dilanjutkan menyusuri lereng Gunung Mahawu, dengan jarak tempuh kurang lebih 12 Km.

Selain melihat keindahan alam, Asman yang didampingi Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, serta Kapolda Sulut Irjen pol Bambang waskito, juga melihat Pasar Beriman Tomohon, oleh dunia internasional dikenal dengan Pasar Ekstrem.

Keberadaan pasar ektrem yang sudah dikenal dimancanegara, juga merupakan modal sebagai objek wisata yang unik dan menarik. Karena didalam pasar tersebut menjual hewan-hewan yang tidak lazim dijual dipasar lainnya. Dengan keunikannya, tidak sedikit wisatawan mancanegara yang sengaja datang hanya untuk melihat pasar ekstrem tersebut.

Selain terkenal dengan pasar ekstrem, Tomohon juga dikenal karena kualitas sayur mayur yang bagus dan menjadi pusat distribusi diwilayah Sulawesi Utara. Oleh sebab itu, kota Tomohon dapat menjadi jalur lalu lintas perdagangan, asalkan konsistensi kebersihan pasar agar dijaga, sehingga wisatawan dapat dengan nyaman berkunjung kepasar tersebut.

“Keberadaan pasar ekstrem sudah membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan, hanya tinggal dijaga konsistensi kebersihannya. Kemudian pelan-pelan pasar ini menjadi pasar yang berperan sebagai distribusi sayur wilayah sini. sekarang bukan hanya sayurnya, tapi packaging-nya juga memengaruhi,” ujarnya.

Besarnya potensi kota Tomohon menjadi destinasi wisata juga harus didukung oleh penyedian infrastruktur serta saran lainnya. Untuk itu, Pemerintah Kota Tomohon diharap dapat memperbaiki yang masih kurang, terutama dalam hal kepariwisataan. (Hms/Vn)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »