MUBES VII BAMUS BETAWI

Jakarta, Indikatornews.com
 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan membuka acara Musyawarah Besar (Mubes) VII  Badan Musyawarah (Bamus) Betawi 2018 di Balai Agung, Balaikota Jakarta, pada Minggu (1/9). Gubernur Anies menjelaskan simbol kebudayaan Betawi kini semakin tampak di Jakarta. Menurut Gubernur Anies, masyarakat Betawi memiliki peran yang sangat besar karena menjadi tuan rumah yang baik bagi para pendatang dan banyak hal bersejarah diputuskan di wilayah DKI Jakarta.

“Karena itu, saya berharap Mubes Bamus ini menjadi salah satu tonggak penting, bukan sekadar melestarikan Budaya Betawi. Kalau melestarikan, hanya menghasilkan museum. Tapi, yang kita butuhkan adalah pengembangan Budaya Betawi, karena itu membutuhkan keberanian untuk melakukan terobosan kebudayaan yang melampaui zaman,” tutur Gubernur Anies yang dalam kesempatan ini memakai pakaian khas Betawi ‘Ujung Serong’.

Selain itu, sebagai salah satu mitra strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Gubernur Anies juga berharap Bamus Betawi dapat mengawal program unggulan di bidang Pariwisata, Pembangunan dan Pengembangan Lingkungan Cagar Budaya di Ibukota, serta mempromosikan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah mengeluarkan dua landasan hukum bagi Kebudayaan Betawi di DKI Jakarta. Pertama, Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi; Kedua, Peraturan Gubernur Nomor 229 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Tak hanya pengembangan kebudayaan, Gubernur Anies turut berharap terjadi proses kematangan dalam berdemokrasi dalam Mubes VII Bamus Betawi ini. Sehingga, melalui Mubes, masyarakat Betawi mampu menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang dapat menghasilkan kepemimpinan yang baik dan matang.

Hadir dalam kesempatan ini perwakilan dari 98 Organisasi Adat Betawi di DKI Jakarta, di antaranya Jawara Betawi Pitung, Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Forum Betawi Rempug (FBR) Brigade Jawara Betawi, dan sebagainya. Selain itu, hadir pula para tokoh Betawi, yakni Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Perwakilan Walikota dari seluruh Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta Syarifuddin Abdul Ghani, Anggota DPR RI Biem Benyamin, Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana, Anggota DPD RI dari Jakarta Dailami Firdaus, Tokoh Ulama Betawi KH Fachrurozi Ishak, dan Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »