PEMPROV DKI JAKARTA PASTIKAN SUPLAI KEBUTUHAN POKOK TERJAMIN

Jakarta, Indikatornews.com  –  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar high level meeting bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan serta didampingi Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiga Uno. Dalam rapat tersebut, tim TPID menyampaikan analisis mengenai suplai kebutuhan pokok di Ibu Kota menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. “Kami ingin pastikan bahwa suplai kebutuhan pokok di Jakarta terjamin, terutama bulan amadan dan idul fitri,” terang Gubernur Anies di Balaikota Jakarta, pada Selasa(24/4).

Berdasarkan analisis menyeluruh TPID Provinsi DKI Jakarta, pada triwulan I 2018 inflasi Jakarta masih sangat terkendali yang tercatat sebesar 3,23 persen(yoy), lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,40 persen(yoy). Meskipun inflasi Jakarta memang terkendali, menurut Gubernur Anies, beberapa harga bahan pokok masih perlu mendapat perhatian terutama menjelang hari besar keagamaan nasional (dalam hal ini Ramadan dan Idul Fitri).

Untuk itu, peran dari SKPD dan BUMD pangan Provinsi DKI Jakarta sangat diperlukan. “SKPD akan berperan memberikan potret demand (permintaan) di Jakarta, BUMD memastikan suplainya berjalan dengan baik antara lain dengan manajemen stok dan meningkatkan potensi perdagangan antar daerah,” papar Gubernur Anies.

Gubernur Anies berharap dengan adanya pemantauan demand yang baik dari SKPD dan penyediaan suplai yang diimbangi BUMD Pangan  maka akan tercipta stabilitas harga yang menyeluruh di Jakarta. “Harapannya harga akan bisa terkendali dengan baik, ada catatan khusus kita inginkan stabilitas harga ada di seluruh Jakarta termasuk di Kepulauan Seribu,” tambahnya.

Di samping itu, Gubernur Anies menegaskan untuk ke depannya Pemprov DKI Jakarta tidak hanya melakukan monitoring harga, melainkan juga memastikan pasokan kebutuhan pokok dengan baik. “Karena tugas utama kami adalah memastikan pasokan kebutuhan pokok terjamin dengan baik untuk warga Jakarta, apabila itu dilakukan maka tidak akan terjadi gejolak kenaikan harga,” tandasnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »