PENGEMBANGAN BUDAYA DI JAKARTA MELALUI FESTIVAL PESONA LOKAL

Jakarta, Indikatornews.com
Jakarta merupakan kota bertemunya keberagaman budaya dari seluruh penjuru Indonesia dan perwujudannya dapat dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya, gelaran karnaval budaya Festival Pesona Lokal 2018 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu pagi (11/11).

Membuka acara tersebut, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan karnaval yang diikuti ratusan peserta tersebut. “Festival ini adalah momentum untuk menunjukkan akumulasi budaya kita melalui karya. Dan saya sangat mengapresiasi festival ini, karena di sini kita bisa melihat budaya kita dikembangkan dan diwujudkan dalam karya yang menarik,” ucap Gubernur Anies dalam sambutannya.

Keberagaman budaya itu memang diwujudkan dalam aneka kostum karnaval yang megah, namun tetap menonjolkan sisi budaya Indonesia yang kuat. Mulai dari kain yang dipakai hingga hiasan ornamennya.

Gubernur berpesan agar pengembangan budaya dilakukan dengan berbagai cara yang kreatif dan berani menabrak pakem yang ada, sehingga menghasilkan bentuk budaya baru. Gubernur Anies pun memberikan contoh penggunaan kain batik sebagai kemeja. “Dulu, batik hanya dipakai untuk jarik. Lalu, kebiasaan dan pakem itu dilanggar, dengan menggunakan batik sebagai kemeja. Dan apa yang terjadi? Itu menjadi kebudayaan baru, dan bahkan diakui dunia,” jelasnya.

Gubernur Anies berharap kegiatan festival budaya seperti ini dapat terus digelar di Jakarta. Terlebih, Jakarta menjadi tempat bertemunya seluruh budaya dari Indonesia. “Ini kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta merupakan tempat di mana budaya dari seluruh Indonesia di display, sehingga kita harus membuatnya semenarik mungkin,” pesan Gubernur Anies.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »