Pengurus IKFA Hadiri Peringatan Pergerakan Kemerdekaan 1 Maret

Jakarta, Indikatornews

Pengurus Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA) menghadiri peringatan 100 Pergerakan Kemerdekaan 1 Maret dan Pembentukan Pemerintah Sementara Korea, Sabtu 6/4 malam di Gedung Balai Kartini dengan menampilkan kesenian terasional Korea oleh Busan National Gugak Center.

Penampilan para seniman tradisional dari Busan National Gugak Center pada acara 100 Tahun Peringatan Pergerakan Kemerdekaan 1 Maret. Pengurus IKFA berfoto dengan Duta Besar Korea Selatan Mr. Kim Chang Beom usai acara. (Foto: RRG)

Berbagai tarian serta musik ditampilkan dalam acara yang dihadiri masyarakat pemerhati Korea, masyarakat Korea di Jakarta, Perwakilan Duta Besar dari sejumlah negara, Duta Besar Korea untuk ASEAN dan Duta Besar Korea untuk Indonesia Mr. Kim Chang Beom dan nyonya serta kalangan Kementetian Luar Negeri RI.

Diawali dengan tarian Chinaengjeon, tampilnya seorang penari tampil di atas karpet berpola bunga, mengenakan gaun kuning nan indah, mahkota bunga di kepala dan tambahan bahan lima warna di bagian lengan. Tarian ini dikenal dengan keanggunan dan keanekaragaman dari gerakan tariannya.


Setelah penampilan musik tradisional, sebuah tarian kipas (buchaechum) yang sangat indah. Para penari bergerak sambil memainkan kipas yang cantik, dilanjutkan dengan terima atraktif sejumlah wanita memainkan Sogo, atau drum terkecil diantara drum tradisional Korea.


Penampilan ditutup dengan penampilan Pangut (Shaman Exorcism) merupakan tarian dengan penampilan beragam yang menampilkan gerakan atraktif tingkat tinggi dari seniman profesional. Penampilan penutup ini mengundang tepukan riuh dari penonton, dan di tengah acara musik tradisional Korea mengiringi lagu terkenal Korea Arirang serta lagu Rasa Sayange oleh penyanyi yang juga pembawa acara pada malam itu. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »