PIJAT BAYI

Indikatornews.com

Siapa bilang hanya kita saja yang suka dipijat?  Ternyata bayi suka dan bukan itu saja,  pijat bayi yang dilakukan dengan benar membawa banyak manfaat dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Prinsip pijat bayi adalah untuk menstimulasi bagian tubuh bayi dengan pijatan atau tekanan halus. Pijat bayi tidak boleh dilakukan sembarangan, sehingga penting untuk mencari tahu terlebih dahulu bagaiman melakukan pijat bayi agar tidak membahayakan bayi.  Sebagai contoh, ibu dan ayah harus menghindari pemijatan di daerah tulang belakang bayi   Silahkan berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter Spesialis Anak yang biasa menangani bayi Anda.

Manfaat

Dr. Dimple Nagrani, Sp.A yang cantik, ramah dan sangat komunikatif dalam memberikan edukasi kesehatan  kepada orangtua pasiennya mengatakan, beberapa manfaat pijat bayi antara lain :

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga bayi lebih tahan terhadap infeksi dan alergi
  • Membantu meningkatkan berat badan
  • Meningkatkan konsentrasi bayi saat terbangun
  • Meningkatkan kualitas tidur dan membuatnya tidur lebih lelap
  • Mengurangi frekuensi menangis dan rewel
  • Membantu bayi dalam relaksasi
  • Meningkatkan nafsu makan pada bayi
  • Memperkuat ikatan (bonding) antara orang tua dan bayinya
  • Melancarkan peredaran darah dan menstabilkan pernafasan
  • Merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan air besar

Kapan sebaiknya melakukan pemijatan bayi?

Pemijatan bayi dapat dilakukan setiap hari, yaitu pada pagi hari saat bayi bangun dan malam hari pada saat sebelum tidur.  Jangan memijat bayi sebelum atau setelah makan (terlalu lapar atau terlalu kenyang) atau ketika bayi sakit.  Bayi yang sedang tidur tidak boleh dibangunkan untuk dipijat.

Persiapan pijat bayi

Pastikan ruangan dalam keadaan cukup hangat (± 240C) dengan suasana tenang dan nyaman.  Siapkan handuk atau alas bayi atau kain bedong atau perlak.  Siapkan minyak untuk memijat (minyak organik yang aman untuk bayi contohnya minyak zaitun atau kelapa).  Cuci tangan terlebih dahulu untuk memastikan tangan Anda bersih.

Cara memijat bayi

Cara memijat bayi tergantung pada usia bayi Anda.  Konsultasikan kepada Dokter Anak yang biasa menangani bayi Anda.  Biasanya rumah sakit terkemuka yang mengedepankan kesehatan Ibu dan Anak mempunyai kelas khusus untuk Pijat Bayi dimana Anda dapat mendapatkan informasi lengkap dan belajar cara memijat bayi Anda dengan baik dan benar.

Memijat bayi harus dengan penuh kelembutan.  Perhatikan segala isyarat yang disampaikan bayi Anda, apakah ia suka dengan stimulasi yang Anda berikan atau tidak.  Berhentilah bila ia mulai menangis karena petanda bahwa ia sudah merasa cukup dan ingin pijatan dihentikan.  Selagi memijat, Anda dapat mengajak bicara bayi Anda atau bernyanyi untuknya sehingga tercipta suasana menyenangkan bagi si kecil dan dapat mempererat hubungan Anda dengannya. (*)


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »