POTENSI PARIWISATA KABUPATEN CIAMIS MENJANJIKAN

 Ciamis, Indikatornews.com

Kekayaan potensi Wisata dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD) bahkan menjadi primadona baru selain pendapatan dari Pajak. Potensi ini perlu pengembangan, penataan dan pengelolaan serta promosi sehingga mendongkrak PAD Kabupaten Ciamis. Curug Pancasona di desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis misalnya, merupakan salah satu potensi alam yang belum terekspos. “Kami rasa potensi Curug Pancasona cocok untuk wisatawan yang menyenangi keindahan dan keasrian alam dengan central poin curug Pancasona,” ungkap Iqbal, mahasiswa fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas galuh Ciamis yang sedang melaksanakan KKN di Pasir Tamiang Tonggoh, selasa (21/8/2018)

 

Bagi Kabupaten Ciamis, potensi sektor Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diharapkan mampu membawa angin segar dalam pengembangan kepariwisataan. Walau demikian, Laju pertumbuhan sektor kepariwisataan di Kabupaten Ciamis dirasakan belum berkembang secara signifikan karena peningkatannya baru tumbuh antara 5 sampai 10 persen. “Infrastruktur sebagai penunjang Aksesibilitas dan Anggaran yang tersedia menjadi kendala terbesar dalam menjadikan Pariwisata sebagai penunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciamis,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Drs. H. Toto Marwoto, M.Pd

 

Di Indonesia, menurut Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan pada Kementerian Pariwisata Indonesia, Prof. DR. H.M. Ahman Sya, sektor pariwisata masih terkendala terutama dari Infrastruktur, Aksesibilitas dan regulasi destinasi (Perijinan dll) serta kurangnya promosi. Disamping itu, dibutuhkan Komitmen daerah Kota/ Kabupaten yang mempunyai potensi wisata serta rencana induk pengembangannya. “Pemerintah daerah (Bupati) diharapkan menetapkan Pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan Kabupaten yang pastinya akan diikuti dengan kebijakan lain, baik anggaran maupun langkah utama dalam pembangunan seperti membuat rencana induk pengembangan wisata dan lainnya,” ungkap Ahman Sya pada Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan di Ballroom Hotel Santika, beberapa waktu lalu. (Ayi Darajat)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »