Distribusi Logistik Korban Gempa Perlu Diperbaiki

Sulteng, Indikatornews.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui masalah distribusi logistik bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya, memerlukan perbaikan di sejumlah sisi.

Tim di lapangan diketahui masih belum mampu menjangkau sejumlah lokasi terdampak gempa untuk mendistribusikan bantuan.

“Ada beberapa kecamatan yang memang kalau dijangkau lewat darat tidak bisa. Ini yang tadi saya perintahkan untuk segera hari ini diselesaikan,” kata Jokowi kepada wartawan, usai memimpin rapat terbatas di pelataran Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (3/10/2018) sore, seperti dikutip dari setkab.go.id.

Presiden juga memerintahkan gubernur dan jajarannya untuk mengimbau warga, memulai kembali aktivitas perekonomian yang sempat lumpuh. Ia berharap agar para pemilik toko di lokasi terdampak gempa mau menjalankan kembali aktivitasnya.

“Kita ajak untuk buka dengan jaminan keamanan dari aparat kepolisian dan TNI di titik-titik ekonomi sehingga ekonomi berjalan normal kembali,” pinta Jokowi.

Presiden sekaligus menginstruksikan gubernur, bupati, dan wali kota setempat untuk mengaktifkan kembali pelayanan bagi masyarakat. “Tadi saya perintahkan kepada Gubernur agar kantor gubernur dibuka normal kembali. Kantor bupati dan wali kota juga dibuka agar pelayanan masyarakat normal kembali,” ungkapnya.

Presiden Jokowi juga menilai bahwa proses evakuasi terhadap korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9) lalu, telah berjalan dengan baik. Alat-alat berat pun sudah ada di lapangan semuanya.

Selanjutnya ia memandang penanganan dan perawatan terhadap korban luka-luka baik yang dirawat di Kota Palu maupun yang diterbangkan ke Makassar guna mendapat perawatan yang lebih intensif juga sudah berjalan dengan baik. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »