RANCANGAN KOTA UTAMAKAN KESETARAAN SOSIAL

Jakarta, Indikatornews.com
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menilai rancangan suatu kota akan berbanding lurus dengan perilaku masyarakatnya. Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi Keynote Speaker atau narasumber Seminar Transforming Lives Human and Cities 2018 di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

“Saya sampaikan kepada semua, kita menginginkan agar perancangan itu yang bisa membentuk perilaku. Rancangan yang bisa membuat kota ini terasa setara bagi semua,” ujar Gubernur Anies.

Dalam seminar tersebut, Gubernur Anies turut mengapresiasi para akademisi yang berkumpul untuk mendiskusikan perancangan kota. Sehingga, ruang-ruang publik atau ruang ketiga, dirancang untuk dapat setara.

Lalu, ruang ketiga ini juga harus memberikan kesempatan untuk bisa merasakan interaksi yang dekat satu sama lain, maka diperlukan perancangan yang baik. “Karena ruang pertama di rumah dan ruang kedua di kantor atau di sekolah, dan ruang ketiga ada di antara keduanya,” tambah Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga berharap di dalam seminar tersebut akan ada masukan-masukan untuk merealisasikan rancangan ruang ketiga yang dibutuhkan warga Jakarta. Seperti yang sudah diterapkan Pemprov DKI Jakarta, yakni ruang bersama bisa menjadi kesempatan untuk ruang ekspresi seni dan budaya.

“Kita mulai di Jalan Sudirman. Kita menginginkan di koridor itu nanti (menjadi) koridor di mana ruang pejalan kakinya luas dan tempat berekspresi seni dan budaya,” ucap Gubernur Anies.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »