Restocking Ikan di Area Lantamal IX Ambon

Ambon, Indikatornews.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Michael Wattimena mengapresiasi kondisi laut di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon yang masih dalam keadaan yang bersih, asri, terawat dengan baik alias belum terkontaminasi. Sehingga memungkinkan untuk dijadikan lokasi restocking ikan.

“Kami berterimakasih kepada Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Laksma TNI, Pak Budi Purwanto yang telah mengijinkan pangkalannya dijadikan tempat kami (DPR dan Kementerian Kelautan dan perikanan) restocking atau menyebarkan benih ikan ke laut sebanyak 10 ribu dengan berbagai jenis ikan,” papar Michael usai menebar benih ikan (restocking) di Saung Mahalatu Kotakupari, Dermaga Apung Lantamal IX Ambon, Selasa (30/7).

Lanjutnya, karena laut teluk ambon yang berada di area Lantamal IX Ambon ini masih sangat bersih, asri, belum tercemar dan terawat dengan baik. Hal itu akan memungkinkan benih yang kami sebar akan terus hidup dan berkembang, sehingga bisa meningkatkan produktivitas tangkapan nelayan atau masyarakat Ambon. Untuk itu pihaknya memberikan apresiasi.

Awalnya, tambah Michael, pihaknya bersama KKP akan melakukan penyebaran benih ikan di laut yang berada di dekat lokasi pasar ikan Mardika, Kota Ambon, Maluku. Namun karena lokasi tersebut lautnya sudah tercemar limbah maka restocking di lokasi tersebut dibatalkan. Pasalnya bibit ikan yang disebar tidak akan bisa bertahan lama alias akan cepat mati. Sehingga akan sangat percuma dilakulan restocking di laut tersebut.

Terlebih lagi beberapa pekan terakhir sempat viral video tentang pencemaran laut yang berasal dari toilet gantung di Pasar Ikan Mardika, Kota Ambon, Maluku tersebut. Video yang sempat viral itu sempat dikeluhkan masyarakat dan pemerhati lingkungan, karena benar-benar telah mencemari lingkungan Teluk Ambon. Bahkan tidak jarang air laut tersebut juga dibuat untuk menyiram ikan yang didagangkan di pasar tersebut.

Sayangnya saat Komisi IV meninjau keberadaan toilet gantung tersebut sudah dibongkar. Sehingga tidak bisa menyaksikan secara langsung kebenaran keberadaan toilet gantung tersebut. (Ayu)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »