RUU Perkelapasawitan Jadi RUU yang Paling Ditunggu Masyarakat Sumsel

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Julian Gunhar menilai RUU Perkelapasawitan dan RUU yang terkait dengan pertanian menjadi salah satu RUU yang cukup ditunggu oleh masyarakat Sumatera Selatan.

“Di tahun 2019 ini ada 55 RUU yang menjadi Program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas tahunan, yakni terdiri dari 43 RUU Usulan lama dan 12 RUU Usulan baru. Dari 12 RUU baru itu sebanyak 7 RUU berasal dari usul inisiatif DPR, 4 RUU merupakan usul pemerintah (Presiden) dan 1 RUU atas inisiatif DPD RI. Semua RUU tersebut penting dan ditunggu oleh masyarakat.

Namun RUU yang paling banyak ditunggu oleh masyarakat Sumatera Selatan menurut saya adalah RUU perkelapasawitan serta RUU lainnya yang terkait perkebunan dan pertanian,”papar Julian saat sosialisai Prolegnas Tahun 2019 di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (14/1).

Hal itu, lanjut Politisi dari fraksi PDI Perjuangan ini dikarenakan mayoritas masyarakat Sumsel yang mencari nafkah dengan bertani dan berkebun, terutama di bidang kelapa sawit. Terlebih lagi beberapa pekan terakhir harga kelapa sawit menurun drastis. Maka, undang-undang perkelapasawitan menjadi hal terpenting untuk lebih memberi kepastian hukum bagi para petani kelapa sawit.

Olehkarena itu, Julian berharap agar RUU tersebut dapat segera terselesaikan, disamping RUU-RUU lainnya yang tak kalah pentingnya, seperti RUU KUHP dan RUU Pekerja sosial serta RUU-RUU lainnya. (Ayu)


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »