Tantyo Sudharmono: LKKS Harus Mampu Menggerakkan Anggota Menjadi Pengusaha Mandiri

Yogjakarta, Indikatornews.com

Ketua Umum Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS), Tantyo AP. Sudharmono mengharapkan agar Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) mampu menggerakkan anggotanya untuk menjadi pengusaha yang mandiri agar tidak tergantung dengan bantuan pemerintah daerah. “Pengurus yang baru ini harus bisa membuat program kerja yang berorientasi bisnis agar anggota dapat hidup sejahtera,” ujarnya di hadapan pengurus serta anggota LKKS Provinsi DI Yogjakarta masa bakti 2018-2023 yang diketuai BRAy. Prabukusumo di Kantor LKKS Yogjakarta, Kamis 6/12) pagi.
Menurut Tantyo, dengan adanya peningkatan kesejahteraan anggota, maka LKKS bisa menjadi lembaga yang sejajar dengan pemerintah.
Diakui pengurus LKKS di berbagai daerah sudah berbuat banyak dengan menciptakan wirausaha wirausaha baru tapi mengalami kesulitan dalam memasarankan produknya.
Tidak usah kuatir DNIKS, sekarang punya media online, yaitu indikatornews.com. Nantinya, setiap kegiatannya bisa disosialisasikan di media ini, dan produknya selain dipromosikan melalui pemberitaan, bahkan bisa untuk jualan karena di indikatornews ada e-commersnya, yaitu i-shop. “Dengan demikian kegiatan LKKS di Yogja bisa diketahui oleh LKKS di Padang misalnya, kata Tantyo.
Dikatakan, sekarang kita tidak boleh hanya bicara melulu kesejahteraan sosial saja, tapi bisa juga bicara ekonomi, kebudayaan bahkan juga politik, tentu yang mengacu dengan SDG,s.

Ketua Umum DNIKS Tantyo AP Sudharmono saat melantik pengurus LKKS DI Yogjakarta, Kamis 6/12) pagi. (Foto: HC)

Terintegrasi

Menjawab pertanyaan indikatornews, Tantyo Sudharmono mengatakan keberhasilan Indonesia dalam mencapai SDGs sangat bergantung pada tiga faktor utama, yaitu Percepatan, Pembiayaan dan Inklusi yang harus menjadi prioritas untuk tahun 2018 dan tahun-tahun mendatang.
Percepatan diperlukan di tingkat provinsi dan kabupaten untuk mengintegrasikan SDGs ke dalam rencana pembangunan daerah.
Kita masih ingat, Pada bulan Juli 2018, pemerintah daerah harus menyusun Rencana Aksi Daerah untuk SDGs sebagaimana dimandatkan oleh perpres. Mereka juga harus siap untuk mengintegrasikan sasaran, target dan indikator SDGs ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Ketua LKKS DI Yogjakarta BRAy. Prabukusumo, saat memberikan sambutan. (Foto: HC)

Katanya, setahun menjadi Ketua Umum DNIKS merasa geram kalau mau membuat terobosan sudah ada yang wanti-wanti. Ingat anda itu hanya badan koordinasi yang “bergerak” itu LKKS. Sekarang harus berani keluar dari aturan yang dianggapnya membonsai DNIKS. “Sekarang DNIKS harus berperan aktif, sepanjang tidak bertentangan dengan UUD 45 dan Pancasila.
Dalam kunjungan itu Tantyo di dampingi Sekjen Edwil Djamaoeddin serta beberapa ketua bidang. (HC)

Penyerahan SK pengangkatan pengurus LKKS Provinsi DI Yogjakarta oleh Ketua Umum DNIKS Tantyo Sudharmono (foto: HC)


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »