Tebar Berkah Ramadhan, Batalyon Arhanud 11/WBY “Sahur On The Road”

Medan, Sumatera Utara – Bulan suci Ramadan merupakan bulan penuh berkah. Di bulan penuh pengampunan ini tentunya berbagai kegiatan positif dilakukan untuk memperbanyak pahala. Satu di antara kegiatan yang identik dengan bulan Ramadan adalah “Sahur On The Road (SOTR)”.

Sebagaimana kita ketahui bahwa “Sahur On The Road” merupakan aktivitas yang muncul hanya di bulan puasa Ramadhan. SOTR mulai menjadi trend di kalangan millennial sejak dekade 2000-an.

SOTR dilakukan secara berkelompok atau bersama komunitas. Mereka santap sahur bersama di jalan dan berbagi makkanan sahur pada warga yang kurang mampu.

Seperti yang dilaksanakan Batalyon Arhanud 11/Wira Buana Yudha (WBY), Sabtu (01/06/2019) pukul 03.00 Wib, menggelar
“Sahur On The Road (SOTR)”dengan membagikan makanan santapan sahur kepada warga kurang mampu dan kaum dhuafa serta warga masyarakat di seputaran kota Binjai.

Kegiatan yang dipimpin langsung Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY Mayor Arh Tamaji. S. Sos ini juga membagikan makanan dan tali asih di Panti Asuhan Jam’iyatul Washliyah.

“Sahur On The Road (SOTR) semata-mata untuk berbagi makanan dengan mereka (warga) yang kurang mampu agar bisa bersantap sahur, dan membagikan makanan sahur kepada warga yang tidak sempat sahur dirumah,” ungkap Danyon.

“Selain bantu masyarakat kurang mampu, SOTR juga membangun karakter yang baik, menumbuhkan rasa empati, gotong royong, rela berkorban, dan ikhlas,” sebut Danyon Arhanud.

Abituren Akmil ini menambahkan, “Sahur On The Road” ini didasari atas dasar keinginan untuk berbagi saat sahur dengan sesama warga anak jalanan, tukang ojek, kaum dhuafa, pekerja malam di pasar dan orang terlantar sekaligus sebagai ajang silaturahmi serta mencari pahala di Bulan Suci Ramadan.

“Terimakasih pak. Kehadiran bapak bersama anggota membagikan nasi bungkus untuk makanan sahur sangat membantu kami. Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal,” ungkap ibu tua yang enggan disebut namanya.

Amatan awak media, puluhan prajurit Wira Buana Yudha dipimpin langsung Danyon Arhanud 11/WBY dan para perwira dengan mengendarai mobil dinas dan truk militer membagi-bagikan makan sahur kepada warga dan berakhir di Panti Asuhan Jam’iyatul Washliyah.

Di Panti Asuhan,Danyon Arhanud 11/WBY memberikan makanan sahur dan tali asih kepada anak-anak yatim piatu. Di sini, terlihat prajurit TNI berbaur makan sahur bersama anak-anak dan pengurus Panti Asuhan.(Yon Arhanud 11/SP)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »