“Teko Nang Jawa” Teman Korea Keliling Pulau Jawa Naik Bus

Jakarta, Indikatornews.com –
Duta Besar Kim Chang-beom beserta delegasi akan melakukan perjalanan darat sekitar 1.000 km dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan Bus Tur Budaya Korea, selama 6 hari pada 2-7 September mendatang.

Cirebon, Jawa Barat menjadi kota pertama yang dikunjungi delegasi Teko (teman Korea) dalam perjalanannya. Selain itu, Tur Teko akan mendatangi Brebes, Solo, dan Surabaya.

Persatuan Wartawan Indonesia mendukung penuh kegiatan yang diadakan Kedutaan
Besar Republik Korea yang akan mengadakan Teko Nang Jawa-sebuah proyek diplomasi publik- melakukan perjalanan darat sekitar 1.000 km dari Jakarta sampai Surabaya di Pulau Jawa dengan menggunakan bus tur untuk mempromosikan kebudayaan Korea.

Dalam rangka memeriahkan proyek tersebut, serangkaian acara kebudayaan Korea akan digelar di 5 kota yang dikunjungi, yakni Jakarta, Cirebon, Brebes, Solo, dan Surabaya.

Proyek Teko Nang Jawa diluncurkan Kedutaan Besar Republik Korea menjelang periode kedua Pemerintahan Presiden Joko Widodo Republik Indonesia dan perhelatan ‘KTT Peringatan ke-30 Kerjasama KOREA-ASEAN’ pada November mendatang. Delegasi Teman Korea atau Teko tersebut akan menginjakkan kakinya di Pulau Jawa yang merupakan pulau dengan populasi lebih dari 50 persen dari jumlah penduduk Indonesia, yakni 140 juta jiwa, dengan tujuan agar semakin banyak masyarakat Indonesia dapat mengenali dan menggemari budaya Korea.

Melalui proyek ini, Kedutaan Besar Republik Korea berharap dapat mengimplentasikan gagasannya, yakni ‘menelusuri seluruh penjuru daerah di Indonesia’ dipimpin oleh Duta Besar Kim Chang-beom. Kedutan Besar Republik Korea juga akan memperluas kerja sama antarmasyarakat dan mempererat hubungan kerja sama kedua negara khususnya dengan kota-kota besar di Pulau Jawa.

“Teko Nang Jawa” memiliki arti istimewa karena masyarakat di kota-kota tersebut akan ikut serta dalam berbagai acara kebudayaan Korea di tempat tinggal mereka seperti yang sering dilakukan di Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Mulai dari masakan Korea hingga informasi pariwisata akan mereka peroleh dari program tersebut. Tentunya, masyarakat luas di Pulau Jawa akan lebih mengenali Negeri Ginseng. (SP)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »