Tinjau Gladi Bersih Latgab TNI 2019, Panglima TNI Minta Prajurit Tunjukan Semangat dan Profesionalisme

Situbondo, Jawa Timur, Indikatornews.com

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., meninjau langsung Pos Tinjau T12 Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. Panglima hadir didampingi oleh tiga kepala staf angkatan, yakni KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Panglima TNI bersama rombongan tiba dilokasi 13.45 WIB dan langsung meninjau Gladi bersih dan setiap persiapan dalam latihan ini yang mengangkat Tema ‘Dharma Yudha’ yang diikuti oleh ribuan personel gabungan dari tiga Matra, Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Udara (AU).

“Personil yang terlibat 12.500 personel dari tiga matra, hampir seluruh Alutsista, tidak semua kurang lebih 1 per 3 Alutsista yang dimiliki TNI semua terlibat dalam latihan Dharma Yudha 2019,” terang Panglima TNI di lokasi, Rabu (11/09/2019).

Adapun tujuan dari latihan gabungan TNI 2019 adalah meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapsiagaan prajurit. Sehingga, apabila para prajurit dan seluruh sistemnya diperlukan dalam melaksanakan operasi semuanya sudah siap dan sangat profisien apabila melakukan kegiatan kegiatan operasi di lapangan

“Namun tetap kita evaluasi temuan-temuan di lapangan, karena setiap latihan kita memerlukan kajian dan tentunya adalah untuk memperbaiki doktrin-doktrin yang sudah kita miliki. masing-masing angkatan juga mengkaji apa yang perlu diperbaiki dari hasil evaluasi kegiatan di lapangan yang dilaksanakan pada latihan gabungan 2019,” tegas Panglima TNI.

“Targetnya adalah meningkatkan profesionalisme prajurit ketiga Matra dan meningkatkan kemampuan inter operability ketiga Matra, karena untuk menyambung kemampuan-kemampuan itu perlu latihan,” terang Panglima TNI.

Dengan adanya latihan ini, Panglima TNI berpesan agar seluruh prajurit TNI dapat melaksanakan kegiatan ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab. “Pesan saya tetap tunjukkan semangat untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan siap melaksanakan tugas apabila sewaktu-waktu diperintahkan,” tegasnya. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »