TNI AL Gelar Rakor Renaku I Tahun 2019

Jakarta – TNI Angkatan Laut menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku) I TNI Angkatan Laut tahun 2019 yang dibuka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat, (3/5).

Kegiatan Rakor Renaku I kali ini, dikemas dalam format yang berbeda, yakni dalam bentuk Admin Game terhadap konsep Perencanaan dan Anggaran TA 2020. Konsep RKA merupakan produk hasil kerja sama dari seluruh bagian, baik secara Top Down maupun Bottom Up berupa masukan rencana kebutuhan dari Satker-satker yang ada di bawah jajaran unit organisasi TNI Angkatan Laut.

Dalam amanatnya Kasal antara lain mengatakan bahwa sesuai dengan hasil pembahasan pada sidang Kabinet Paripurna pada tanggal 23 April 2019 tentang ketersediaan anggaran dan Pagu Indikatif 2020, prioritas utama semua Kementerian adalah pembangunan sumber daya manusia, pada program yang tersusun dalam bidang pendidikan, kesehatan, belanja sosial dan sebagian infrastruktur.

Selanjutnya dijelaskan bahwa kebijakan penganggaran pada Tahun Anggaran 2020 akan menekankan pada penguatan belanja modal dan pengurangan belanja barang sehingga perlu disikapi secara bijak oleh seluruh Kasatker pengelola anggaran dengan melaksanakan efesiensi serta optimalisasi anggaran yang menjadi tanggung jawabnya.

“Oleh karena itu, Rakor Renaku I ini agar dimanfaatkan untuk menyelaraskan rencana kegiatan anggaran yang telah disusun dengan kebijakan, visi dan misi Pemerintah terpilih dalam konsep RKP 2020 program prioritas TNI dan program-program prioritas TNI Angkatan Laut yang berkontribusi langsung kepada peningkatan hasil kinerja dan pelaksanaan tugas pokok,” tegas Kasal.

Kasal juga menegaskan TNI Angkatan Laut pada tahun 2020 fokus pada sasaran pembangunan TNI Angkatan Laut sesuai kebijakan pimpinan TNI di antaranya tercapainya target pemenuhan Alutsista, meningkatnya kuantitas dan kualitas Alutsista yang siap dioperasikan, terbinanya personel TNI Angkatan Laut yang profesional dan mewujudkan opini penilaian wajar tanpa pengecualian.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., memberikan pengarahan tentang penyampaian arah kebijakan RKP TA 2020, arahan Presiden, kebijakan pimpinan TNI serta program prioritas.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL, para Pasis Susjemenstra Seskoal dan para pejabat terkait lainnya. (Dispen AL/SP)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »