Tren

Batik Kita

Batik Indonesia merupakan warisan leluhur yang dikenal dunia. Dengan berbagai macam motif khas masing-masing daerah penghasil batik di Indonesia. Dan, dengan perpaduan warnanya yang indah. Batik memiliki sejuta pesona yang membuat banyak orang jatuh cinta.

Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa, “ambhatik” dari kata “amba” yang berarti lebar, luas, kain; dan “titik” yang berarti titik. Dan, kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas dan lebar.

Batik secara teknik terbagi menjadi dua, batik cap dan batik tulis. Batik cap adalah proses pembuatan corak batik yang dibentuk dengan cap dan memerlukan waktu kurang lebih 2-3 hari pembuatan. Sedangkan, batik tulis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain.

Untuk pewarna batik  sendiri biasanya terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia, misalnya: pohon mengkudu, tinggi, soga, atau nila.

Dahulu, kain batik hanya digunakan sebagai pakaian,sprei dan sarung bantal tempat tidur,taplak meja makan dan meja tamu maupun tirai jendela. Tapi, di zaman yang sudah modern ini, batik banyak digunakan untuk banyak hal.  Seperti dibuat untuk sepatu, sandal, scarf, pouch, dompet, tas, tudung saji, kalung, gelang dan masih banyak lagi.

Tidak hanya kain batik saja,motif dari batik ini pun sudah banyak diaplikasikan untuk berbagai macam produk,seperti wall paper bermotif batik, piring ,gelas, sampul buku,pena,pencil,keramik bahkan hingga kue bolu bermotif batik juga ada.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »