UNTUK PEMBANGUNAN YANG LEBIH BAIK DI PULAU SEBIRA

Kepulauan Seribu, Indikatornews.com
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkantor di Kepulauan Seribu, tepatnya Pulau Sebira atau Pulau Sabira, Kepulauan Seribu Utara, pada Senin (30/7). Ratusan warga Pulau Sebira menyambut hangat kehadiran Wagub Sandiaga. Wagub Sandiaga pun tercatat sebagai Wagub Provinsi DKI Jakarta pertama yang berkunjung ke Pulau Sebira, setelah tahun 1985 Mantan Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto sebagai Kepala Daerah pertama berkunjung ke pulau ini.

Dalam kesempatan ini, Wagub Sandiaga melakukan peninjauan ke sejumlah fasilitas publik dan lokasi rencana pembangunan fasilitas umum tambahan untuk warga Pulau Sebira. Wagub Sandiaga menyampaikan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen memenuhi dan melengkapi berbagai fasilitas umum, serta tenaga-tenaga untuk pelayanan umum warga Pulau Sebira, terutama kebutuhan dasar seperti listrik, transportasi, kesehatan, dan pendidikan, serta perekonomian. Hal ini sebagai bentuk pemerataan pembangunan yang lebih baik dan berkeadilan bagi seluruh warga di wilayah DKI Jakarta.

“Pulau Sebira ini adalah pulau yang terluar di wilayah Jakarta. Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan masyarakat Pulau Sebira untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dan bisa memastikan kebutuhan yang paling dasar dapat dipenuhi, seperti listrik dan transportasi, pendidikan dan (peningkatan) penghasilan masyarakat. Mudah-mudahan dari Pak Wiyogo, sebentar lagi Pak Anies juga insyaAllah akan ke sini, agar beliau bisa melihat sendiri apa yang menjadi harapan dari pulau terluar Jakarta. Ini potret perhatian Pemprov DKI Jakarta  terhadap Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Sebira ini menjadi prioritas,” ujar Wagub Sandiaga.

Lebih lanjut, Wagub Sandiaga menambahkan, diperlukan terus mengembangkan kegiatan perekonomian di Pulau Sebira dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber daya alam yang dimiliki, guna meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan warga di Pulau Sebira. “(Perlu dikembangkan) kegiatan-kegiatan industri/usaha kecil menengah (UKM), seperti ikan asin yang dibuat di Pulau Sebira ini adalah ikan selar yang kalau diasinkan seperti ini bisa dijual satu kilogram seharga 25.000, dibeli di Jakarta dan di Bogor. Jadi, ini betul-betul menjadi penghasilan utama dari warga di sini. Banyak sekali tempat penjemuran ikan yang disebut sebagai Para-para. Di sini juga belum tersentuh pariwisata, tapi kita lihat ada potensinya. Pariwisata yang berbeda, seperti home stay dan sebagainya; juga akan kita pastikan bekerja sama dengan operator selular (yang belum ada di Pulau Sebira) agar menjadikan pulau ini terkoneksi dengan wilayah DKI Jakarta,” pungkas Wagub Sandiaga.

Pulau Sebira merupakan pulau terluar dan wilayah paling utara dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, yang telah dihuni sejak 1975. Warga di pulau ini merupakan bagian dari Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Penduduk Pulau Sebira berjumlah kurang lebih 500 jiwa yang terdiri atas empat Rukun Tetangga (RT), dan 170 Kepala Keluarga (KK).

Untuk sementara ini, warga menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dari Dinas Perindustrian dan Energi, namun ke depan sedang disiapkan penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Pulau Sebira agar warga dapat memperoleh listrik selama 24 jam. Pulau ini memiliki mercusuar yang dibangun di zaman kolonial Belanda tahun 1869 yang dinamakan sebagai Noord Wachter (Penjaga Utara).

Wagub Sandiaga, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad, beserta SKPD/UKPD terkait mengawali peninjauan di pos kesehatan, kemudian meninjau lokasi rencana pembangunan RPTRA dan rumah singgah, lalu ke lokasi penjemuran ikan selar Para-para, dan selanjutnya meninjau SD-SMP Negeri Satu Atap 02 Pulau Sebira, serta menara mercusuar. Setelah itu, sholat bersama di Masjid Jami’ Nurul Bahri, kemudian secara simbolis penyerahan bantuan set alat pemandian jenazah dan santunan untuk 50 lansia. Kemudian, rombongan Wagub Sandiaga meninjau ruang PTSP Pulau Sebira dan terakhir meninjau Pondok Semi Alami Penyu Sisik. Wagub Sandiaga pun menyempatkan berenang di laut yang berjarak sekitar 150 meter dari tepi dermaga Pulau Sebira, sebelum melakukan seluruh peninjauan di pulau tersebut.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »