Visit Museum Macan: Jangan Sentuh Karya Seni!

Indikatornews.com – Untuk para pengguna pemburu foto yang instagramable, sudah pasti gak asing lagi dengan salah satu tempat instagramable yang lagi booming di kawasan Jakarta ini.

Museum macan – singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Merupakan salah satu museum seni modern & kontemporer yang tengah menjadi perburuan para anak muda yang begitu instagramable. Menyuguhkan art dalam kemasan apik yang bisa memanjakan mata. Museum ini menjadi museum pertama yang punya koleksi seni modern dan seni kontemporer Indonesia juga internasional.

Terlebih, saat ini, di Museum Macan tengah menampilkan karya-karya dari Yayoi Kusama. Seorang seniman asal Jepang yang telah menekuni karier selama hampir 70 tahun. Seorang seniman yang terkenal dengan sebutan ratu polkadot. Ia mampu membuat titik hitam jadi bernilai seni dan begitu cantik dipandang. Hingga banyak para pendatang yang ingin mengabadikannya ke dalam akun sosial media mereka.

Penasaran, akhirnya kemarin saya berkunjung ke Museum Macan. Saya tercengang melihat begitu tingginya antusiasme pengunjung yang datang. Padahal, saya tiba di sana pukul 11.20 WIB. Tapi, antrean untuk pembelian tiket sudah sangat panjang. Disarankan, untuk menghindari antrean yang panjang, kalian bisa membeli tiket masuk secara online melalui situs resmi Musem Macan.

Antrean Tiket

Harga tiket yang bisa kamu dapatkan untuk menikmati cantiknya karya dari Yayoi Kusama di Museum Macan ini yakni sebesar Rp 100.000 per orang, untuk orang dewasa. Rp 90.000 per orang, untuk pelajar. Dan, Rp 80.000 per orang, untuk anak-anak.

Tiket Museum Macan

Antrean yang panjang tidak hanya berhenti saat pembelian tiket. Antrean yang mengular juga terjadi saat akan memasuki pintu masuk ke dalam kawasan seni.

Antrean Pintu Masuk

Untuk melewati dua pintu utama menuju kawasan seni saja sudah antre, jadi jangan berharap keadaan di dalam pun akan nampak leluasa, ya.

Antusiasme peminat Museum Macan sedang tinggi-tingginya, maka tidak heran jika hampir semua tempat spot foto pun ikut antre. Bayangkan, untuk mendapatkan sebuah foto, kamu harus antre bermenit-menit. Tapi, jangan khawatir, hasil foto yang akan kamu dapat sangatlah worth it.

Ada sedikit tambahan informasi yang mungkin akan membuatmu sedikit kecewa, yakni kamu diperbolehkan untuk foto dalam ruangan seni berisikan dots cantik dengan batasan waktu sekitar 30 detik – 45 detik.

Oh iya, ada beberapa peraturan yang harus kalian ketahui sebelum berkunjung ke Museum Macan. Beberapa peraturan simple yang kadang tidak sering diabaikan. Kamera pro sejenis DSLR dilarang untuk digunakan dalam kawasan seni. Dilarang membawa makanan & minuman. Dilarang berfoto menggunakan flash.  Serta, dilarang menyentuh karya seni.

Berpose untuk menambah kecantikan instagram boleh saja. Tapi, ada baiknya kita juga harus jaga jarak dengan karya seni yang ada. Di sana, akan ada petugas yang selalu mengawasi. Jaga-jaga, jika ada yang menyentuh karya seni dan membuatnya rusak. Sayangkan, kalau ada karya seni yang cantik harus rusak karena kecerobohan kita sendiri?

Untuk kalian yang ingin mencoba berkunjung ke sana, disarankan untuk datang lebih pagi untuk menghindari antrean panjang. Kecuali, kalau kamu suka berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Infinity Room

 

Bola Besi

 

Obligation Room

 

Pumpkin Karya Yayoi Kusama

 

Museum Macan:

AKR Tower Level MM
Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530
Indonesia

 

Operational Hours:

Tuesday-Sunday 10 am – 7 pm

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »