6 Tips Menyamarkan Pori-pori Besar Agar Meningkatkan Kepercayaan Diri

Indikatornews.com

Pori-pori besar memang bukan penyakit tapi bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang, karena sering kali mengganggu penampilan. Biasanya pemilik pori-pori besar identik dengan wajah yang berminyak, komedo, dan berjerawat.

Tapi tahukah kalian, kalau wajah keringpun bisa mengalami pori-pori besar kalau tersumbat dan jarang dibersihkan dan akhirnya kelenjar minyak menumpuk maka pori-pori akan tampak besar. Menurut dr. Clarin Hayes ada 3 hal yang membuat pori membesar yaitu:

Pertama, minyak berlebih. Minyak wajah yang keluar secara berlebih membuat kelenjar minyakpun akan membesar dan ketika kelenjar minyak membesar maka pori-pori yang sebagai muara akan membesar pula.

Kedua, penurunan elastisitas kulit. Jika elastisitas kulit menurun maka saat kelenjar minyak sedang berlebih kulit tidak menutup kembali seperti semula.

Ketiga, Peningkatan volume folikel rambut, ini terjadi karena debu dan kotoran menempel di wajah kita dan menutup jalannya keluar minyak diwajah.

Berikut 6 cara untuk menyamarkan pori-pori yang bisa kalian lakukan:

  1. Jangan lupa membersihkan wajah setelah beraktivitas. Karena pori-pori butuh untuk bernap Make up, debu dan kotoran dapat menghalangi pertukaran udara pada kulit wajah.
  2. Gunakan water base produk dalam hal membersihkan wajah seperti micellar water. Karena saat membersihkan wajah dengan oil cleanser, tapi tidak bersih menyeluruh maka minyak tersebut akan terjebak dan menyumbat pori-pori.
  3. Eksfoliasi wajah secara teratur. Tapi jangan berlebihan maksimal 2kali dalam seminggu karena kalau terlalu sering minyak-minyak alami wajah malah keangkat.
  4. Gunakan clay mask, namun jangan gunakan di hari yang sama dengan kalian eksfoliasi wajah agar tidak menyebabkan iritasi.
  5. Jangan skip sunscreen. Karena saat wajah kita tidak terlindungi dari sinar mataari akan menyebabkan kering, terbakar, dan juga sumber penurunan elastisitas kulit.
  6. Hindari pencet komedo. Sering kali saat kita memencet komedo dengan tangan malah timbul jerawat karena tangan yang tidak hygines dan juga menyebabkan masalah baru.

Perlu diingat bahwa ukuran pori bersifat genetik, tidak bisa dihilangkan tapi bisa disamarkan. Walaupun kedoker kecantikan untuk treatment pori-pori tidak akan hilang hanya akan terlihat mengecil.

(Khusni Laela)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »