Alipay dan WeChat Pay: Dompet digital asal China yang mengincar pasar Indonesia

Indikatornews.com

Market Financial di Indonesia kini kian terlihat ketat persaingannya. Terdapat dua dompet digital asal China, yaitu Alif dan WeChat yang  sempat beroperasi di Indonesia meskipun keduanya bisa dibilang ilegal. Dikutip dari Kontan.co.id, Rabu (16/10). “Untuk Alipay saat ini masih pembicaraan, nanti kami akan menjadi acquirer, sedangkan Alipay akan jadi issuer. Saat ini kami juga sedang mengajukan izin cross bordere wallet ke BI,” kata Jasmin, SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri.

Perusahaan uang elektronik asing memang semestinya harus mendapatkan izin atau kerja sama terlebih dahulu dari bank yang ada di Indonesia, karena terdapat peraturan Bank Indonesia nomor 20/6//2018 mengenai uang elektronik.

 

Badan Pusat Statistik menunjukkan banyaknya kunjungan wisatawan negara asing khususnya China mencapai 181 ribu orang per Januari 2020. Hal ini menjadi motivasi kedua aplikasi tersebut untuk memperkenalkan dan sekaligus memperluas jangkauan pembayaran dompet digitalnya kepada Indonesia. (Roni Sopani)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »