Atasi Kekeringan, AHM Bangun Akses Air Bersih di Garut

Garut, Jawa Barat, Indikatornews.com

Meski sejumlah daerah di Indonesia sudah diguyur hujan, tapi tidak dengan sebagian besar wilayah di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang masih mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Salah satu titik terparah adalah Kecamatan Cibatu. Untuk mengatasi krisis air bersih yang saban tahun terjadi di daerah ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menyalurkan dana bantuan pembangunan sumur bor dalam di Kampung Cigalumpit, Desa Sindangsuka, Cibatu, lewat Kelompok Kerja (Pokja) Salarea.

Saat ini, satu unit fasilitas air bersih ini sudah selesai dibangun dan manfaatnya telah dirasakan warga setempat. Sabtu (9/11/2019), Pokja Salarea menggelar syukuran sekaligus serah terima aset air bersih ini mewakili pihak AHM kepada pengurus RW 10 Cigalumpit 2, yang disaksikan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama, warga sekitar, dan relawan Pokja Salarea.

“Kami sangat berterima kasih kepada PT Astra Honda Motor dan Pokja Salarea yang telah membangun fasilitas air bersih ini, karena memang sangat dibutuhkan dan sangat membantu kami saat krisis air seperti ini,” ucap Tunarwan, tokoh masyarakat setempat.

Tunarman juga berharap pengadaan akses air bersih tersebut bisa berkelanjuntan berhubung masih banyak titik-titik rawan air bersih lainnya di Desa Sindangsuka. “Kami harapannya sih bisa ada satu sumur bor dalam di masing-masing RW, karena bisa menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan air bersih selama ini,” ujar dia.

Pendiri Pokja Salarea Dadan M Ramdan bilang, pihaknya hanya menjembatani penyaluran dan bantuan sosial dari program tanggung jawab Sosial Perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) perusahaan. “Pokja Salarea banyak menerima permintaan dari warga untuk dibuatkan sumur bor, selanjutnya kami mencari donatur ke perusahan-perusahaan swasta yang memiliki program CSR,” terangnya.

“Kami berharap, warga bisa merawat dan menjaga fasilitas air bersih ini secara swadaya atau gotong royong, sehingga nilai manfaatnya bisa nikmati orang banyak pihak dalam jangka panjang,” imbuh Dadan.

Pokja Salarea juga mengapresiasi pihak AHM yang telah memberikan amanah kepada Pokja Salarea untuk menjalankan Program Sedekah Air lewat kemitraan dengan dunia industri. “Mudah-mudahan kemitraan ini terus berlanjut dan dalam berbagai bentuk kegiatan sosial lainnya,” tukas Dadan. Info saja, selain AHM, Pokja Salarea juga bermitra dengan Yayasan Tahir Foundation, Badan Amil Zakal Nasional (Baznas), PT PNM (Persero), dan lainnya, dalam Program Sedekah Air yang telah diinisiasi sejak tahun 2017 lalu.

Terpisah, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddin menjelaskan, sasaran CSR AHM itu adalah program yang berkesinambungan dalam membangun sumberdaya manusia (SDM) unggul dan menciptakan lapangan kerja. “Kecuali dalam keadaan darurat dan kondisi kritis, AHM akan melakukan hal yang dipandang mendesak atau segera, seperti bantuan bencana dan penanggulangan dampak kekeringan ini,” ujar dia.

Di sisi lain, AHM juga banyak menjalin kemitraan dengan pihak lain dalam program CSR perusahaan. “Kami terbuka berkolaborasi dengan stakeholder untuk meningkatkan manfaat, sasaran yang akurat dan penanganan yang cepat,” terang Muhibbuddin. (rilis/*)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »