Ayo Menabung

Indikatornews.com

Menabung. Merupakan kata kerja, sebuah kegiatan yang di mana Anda menyimpan uang di bank ataupun celengan. Dengan menabung, ada banyak manfaat yang nantinya Anda dapatkan ketika melakukan hal tersebut. Berikut manfaat dari menabung:

  1. Membiasakan diri untuk hidup hemat

Dengan menabung, Anda pasti akan beruasaha untuk hemat. Walaupun tidak ada barang yang Anda ingin beli, namun dengan menabung Anda akan terbiasa untuk menyisihkan uang saku Anda. Selain itu Anda jadi lebih hemat, karena uang saku Anda akan terbagi, untuk jajan dan ditabung. Sehingga Anda akan jajan atau membeli barang yang Anda butuhkan saja. Jadi, gak banyak punya keinginan lebih untuk jajan deh.

  1. Memiliki dana cadangan yang dapat digunakan dalam keadaan darurat

Menabung ini penting banget nih manfaatnya, salah satunya adalah Anda memiliki dana cadangan untuk di situasi yang tidak terduga dalam hidup Anda. Misalnya, ada salah satu anggota keluarga yang sakit, sehingga membutuhkan dana untuk berobat. Namun, karena Anda memiliki tabungan, Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda memiliki dana cadangan dari tabungan Anda. Sehingga biaya pengobatan pun dapat dibayar. Selain itu, ketika membutuhkan barang yang harus dibeli, tidak perlu lagi bingung untuk mendapatkan dananya, karena Anda memilki dana dari tabungan.

  1. Menepati janji

Dengan menabung, Anda juga dapat melatih diri Anda untuk menepati janji. Janjinya kepada diri kalian terlebih dahulu. Ketika Anda sedang menabung, Anda pasti memiliki janji untuk menabung perhari misalnya Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah), nah dengan begitu Anda akan menepati janji yaitu dengan menabung sepuluh ribu tiap harinya.

  1. Belajar mandiri

Dengan menabung, kita jadi bisa belajar mandiri, loh. Ketika Anda menginginkan suatu barang yang ingin dibeli, Anda akan mengumpulkan uang untuk dapat membeli barang yang Anda inginkan. Coba deh, beli barang yang Anda inginkan dengan uang tabungan yang telah Anda kumpulkan beberapa bulan. Anda pasti akan merasa senang dapat membeli barang yang Anda inginkan dari hasil uang yang telah Anda tabung beberapa lama. Misalnya, Anda ingin menonton konser idola kalian seperti BTS, Blackpink ataupun musisi yang kalian idolakan, biasanya jauh-jauh hari informasi tentang konser tersebut diumumkan oleh promotor. Bisa banget nih, kalian nabung, agar dapat menonton konser idola kalian.

Jadi, apakah kalian juga menabung? Apa saja sih manfaat dari menabung yang kalian rasakan? Menabung tidak harus dalam jumlah besar, yang penting kalian rutin dalam menabung. Karena sedikit-sedikit, lama-lama akan menjadi bukit. Jadi, tabungan yang kalian kumpulkan nantinya akan jadi lebih banyak jika kalian terus menabung. Ayo Menabung. (Afifatun Nida)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »