Bahaya Trend Beauty Tiktok

Indikatornews.com

Semenjak PSBB dilaksanakan tiktok menjadi aplikasi paling sering digunakan di kalangan anak muda maupun orang dewasa. Tiktok memang sangat asik untuk ditonton karena kontennya yang menarik, tidak hanya itu sering kali beauty tips & trick muncul di fyp pengguna.

Seringkali pengguna tiktok langsung tertarik dengan isi kontennya dan ingin langsung mencoba, tapi taukah kamu ada beberapa beauty trends yang sebaiknya kamu hindari karena cenderung berbahaya untuk kulitmu dari mulai iritasi hingga menyebabkan kanker.

Ini beberapa beauty trends yang sebaiknya kamu hindari!

1.Memutihkan gigi pakai hydrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang berbahaya jika dipakai secara tidak benar, dan akan menyebabkan iritasi pada gusi. Hal ini akan menimbulkan kerusakan gusi, gigi sensitif, dan yang terparah gigi berlubang.
Asosiasi British Society of Dental Hygiene and Therapy juga menyatakan bahwa menggunakan hidrogen peroksida secara langsung dapat merusak gigi dan gusi.

2.15 Minutes Cleansing Oil/Balm

Tantangan viral ini bermula dari salah satu akun seleb tiktok yang menunjukkan kumpulan “oil plugs” yang keluar dari pori-pori wajahnya usai melakukan cleansing selama 15 menit. Ia menggosok-gosok terus wajahnya dengan cleansing balm/oil, sampai ada partikel-partikel lunak, berminyak, dan berwarna kehitaman yang keluar. Sayangnya, tantangan ini berbahaya yang bisa mendatangkan bakteri masuk ke kulit.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif cara ini bisa membuat wajahmu iritasi. Jika salah menggunakannya, bisa memicu masalah kulit yang lain ke depannya, seperti jerawat atau peradangan.

3. Menggunakan The Ordinary Peeling Solution

The Ordinary jadi salah satu skincare yang paling banyak diburu orang di mana-mana, salah satu produknya adalah The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh TikTok! Padahal, The Ordinary AHA 30% + BHA 2% ini tidak memiliki izin untuk edar di Indonesia, karena skincare dengan kandungan AHA sebesar 30%. Yang mana kandunga AHA 30% ini tidak dianjurkan untuk digunakan tanpa resep dokter. AHA dan BHA yang diizinkan untuk beredar secara bebas adalah yang kandungannya di bawah 10%. Bahkan, ada beberapa yang mengalami chemical burn pada wajah akibat menggunakan Peeling Solution ini. Padahal, setiap prosedur sudah dilakukan sesuai dengan yang ditentukan.

Namun, chemical burn tetap terjadi ketika bangun di pagi hari. Penyebabnya hal ini terjadi sempat dibahas oleh dr. Richard Lee dalam channel Youtube-nya! (Febry Arianti)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »