Bakamla RI Gelar Bimtek di Pesisir Kampung Keramat

Lampung, Indikatornews.com

Puluhan Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) hasil pembentukan Bakamla RI mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di pesisir Kampung Keramat, Lampung Selatan, kemarin.

Kasubdit P2K2L Dit. Kerma Bakamla RI, Kolonel Bakamla Jarwadi, S.S., saat membuka Bimtek mengatakan demi menciptakan keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia tidak cukup mengandalkan instansi pemerintah saja, dibutuhkan Relawan Penjaga Laut Nusantara yang berkarakter, berintegritas, mandiri, berani dan jujur. Untuk mendukung hal tersebut Bakamla RI melalui Direktorat Kerja sama memberikan Bimtek berupa pelatihan dasar keamanan dan keselamatan di laut.

“Upaya tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut dari pengembangan pemberdayaan masyarakat pesisir Lampung Selatan dalam menjaga, mengelola dan mengawasi keamanan, keselamatan, dan perlindungan lingkungan laut di sekitar wilayah pesisir Lampung Selatan,” tandas Kolonel Jarwadi.

“Diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini para Rapala dapat memahami tentang wawasan kemaritiman, trend tindak kejahatan yang berada di perairan selat Sunda dan dasar-dasar SAR pada saat terjadi kecelakaan di laut,” kata Kolonel Jarwadi.

Materi diberikan oleh Kasubdit P2K2L Dit. Kerma Bakamla RI, Kolonel Bakamla Jarwadi, S.S., dengan materi Wawasan Kemaritiman, Paspotmar Lanal Lampung Mayor Laut (KH) Ahmad Suharyono dengan materi Penerapan Ideologi Pancasila, Iptu Faizal dari Ditpolair Polda Lampung dengan materi Trend kejahatan tindak pidana di Selat Sunda, Penata dua TK.1 Ahmad Imam dari Kantor SAR Lampung dengan materi Pengenalan Pertolongan di Air, Penata dua tk. 1 Alvira Soraya dari Kantor SAR Lampung dengan materi Medical First Responder dan Penata Dua Tk 1 Alfara Soraya dari Kantor SAR Lampung dengan materi Pemindahan korban dengan tandu.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr. Hanla.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »