Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tasikmalaya, Akan Tempati BLK Aset Kabupaten Tasikmalaya?

Tasikmalaya, Indikatornews.com

Dalam upaya mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah, Disnaker Kota Tasikmalaya mengacu kepada pasal 4 UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK) yang refresentatif sehingga diharapkan pendayagunaan tenaga kerja yang rendah dapat ditingkatkan (keterampilannya)

“Tahun 2021 kita usulkan membangun BLK sendiri apabila BLK Kabupaten Tasikmalaya yang berlokasi di Indihiyang Kota Tasikmaaya tidak diserah terimakan asetnya,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Rachmat Mahmuda seusai Musrenbang sektoral lingkup Disnaker di RM Baraya Sunda, senin (24/2/2020)

Dikatakan Rachmat, BLK Kota Tasikmalaya rencananya akan dibangun di wilayah Kecamatan Tamansari dengan luas wilayah 5 hektar dan DED sudah disiapkan oleh Dinas PU dengan anggaran sebesar Rp. 50 miliar.

Kadisnaker Kota Tasikmalaya
Rachmat Mahmuda

“Banyaknya permintaan tenaga kerja, tetapi kita dihadapkan pada kendala kurangnya keterampilan dari tenaga kerja. Kemarin, seleksi untuk perusahaan Jepang membutuhkan 100 orang, terpenuhi hanya 30 orang karena kendala tersebut,” katanya memberi alasan

Kata Ia, lulusan SMK dan Perguruan Tinggi rata-rata sampai 3 ribu orang dan angkatan kerja itu perlu dilatih. Rencananya, BLK yang dibangun refresentatif dan dinamakan BLK Industri Kreatif termasuk didalamnya ada semacam Mess, studio dan pusat bahasa (Jepang dan menggagas Jerman untuk penyerapan tebaga kerja di pasar eropa)

Pada kesempatan itu, Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman mengatakan sudah menyampaikan niatnya ke provinsi untuk menyerahkan gedung BLK aset Kabupaten Tasikmalaya di wilayah Kota Tasikmalaya ke Pemkot dan Pemkab membangun sendiri gedung BLK dengan bantuan provinsi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Supaya lebih efektif dan tertib aset,” kilahnya @ Ayi Darajat




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »