Bukit Klangon, Spot Wisata Indah Dekat Gunung Merapi

Indikatornews.com

Bukit Klangon merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kota Yogyakarta tepatnya berada di daerah Sleman. Nama asli dari Bukit Klangon adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, Bukit Klangon ini dibuka setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Bukit Klangon ini dikelola oleh warga sekitar, selain itu Bukit Klangon ini juga mendapatkan dukungan pengelolaan dari pemerintah kabupaten setempat, dengan perluasaan lahan parkir dan adanya penambahan spot-spot untuk untuk menikmati panorama yang ada.

Lokasi ini tak hanya menawarkan pemandangan Gunung Merapi, namun juga terdapat lahan perkemahan yang cukup luas mengingat lokasi ini adalah perbukitan. Bagi yang ingin berkemah di tempat ini haruslah mengurus izin dari pengurus setempat.

Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon berada dekat dengan Gunung Merapi yaitu sekitar 4 Km. Gunung Merapi itu masih aktif yang Nampak gagah dan besar, jadi memiliki keindahan yang sangat mempesona.

Gardu pandang yang ada di Bukit Klangon ini memiliki ketinggian 5 meter yang berdiri dengan kokoh. Obyek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan masa liburan dan menghilangkan penat. Anda dapat menikmati hangatnya pagi di lereng Gunung Merapi. Pada pagi hari yang terlihat dari Bukit Klangon ini membuat pagi harimu menjadi berbeda dan terasa istimewa. Anda juga dapat bersepeda sambil menikmati suasana Bukit Klangon pada sore hari.

Bagi Anda yang memiliki hobi bersepeda jangan khawatir! Karena di Bukit Klangon menyediakan track sepanjang 20 Km. Dengan medan yang memicu adreanalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Jika Anda ingin mencoba downhill tersebut, Anda dapat berkunjung ke wisata Bukit Klangon yang berada di kabupaten Sleman.

Untuk menuju wisata ini, disarankan memilih rute melewati belakang Candi Prambanan dengan melewati Jalan Laksda Adisucipto, lalu kearah timur menuju Jalan Solo-Yogyakarta, dan belok kanan sebelum Candi Prambanan. Dengan rute ini, lebih mudah untuk menuju Bukit Klangon dan kondisi jalan yang mulus serta tanjakan yang tidak curam.

Tidak seperti daerah wisata Kaliurang, di Bukit Klangon tidak ada gerbang tiket masuk wisata di daerah ini, juga tidak ada tiket masuk saat sampai lokasi, Anda hanya perlu membayar parkir saat pulang saja. Menarik bukan?

Selamat liburan, jangan lupa jaga kesehatan! (Sari Patmiati)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »