Cegah Karhutla, Prajurit Kodim 0402/OKI Gelar Sosialisasi

Ogan Ilir, Sumsel, Indikatornews.com

Guna mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) khususnya pada musim kemarau, Koramil 402-05/Muarakuang Kodim 0402/OKI melaksanakan kegiatan sosialisasi Karhutbunla di Desa Kayu Ara, Kecamatan Rambang Kuang, Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (10/4/2019).

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung Danramil 402-05/Muarakuang Kapten Inf S. Simanjuntak bersama para Babinsa jajarannya.

Dalam kegiatan ini, Danramil 402-05/Muarakuang Kapten Inf S. Simanjuntak mengatakan, bahwa saat ini sudah memasuki musim kemarau, masyarakat diharapakan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Saya menghimbau kepada masyarakat jangan membuka lahan dengan cara membakar, karena dapat merugikan orang lain dan merupakan tindakan yang melanggar hukum Apalagi pada saat ini sudah masuk musim kemarau. Kalaupun membakar agar dibuat tumpukan dan dipisahkan kemudian dijaga agar api tidak menyebar,” urainya.

Lanjut Danramil, dampak dari pembakaran dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran hebat. Karena api dapat menjalan ke daerah sekirarnya.

“Kegiatan pembakaran ada sanksi hukumnya. Pemilik lahan juga akan diperiksa oleh pihak yang berwajib. Apabila terbukti ada unsur kesengajaan, dan akan dikenakan sanksi pidana sesuai dengan hukum yang berlaku,” terang Danramil.

Selain itu, banyaknya asap yang ditimbulkan dapat mengakibatkan gangguan pernapasan dan rentan terjangkit penyakit paru-paru. Maka perlunya dilakukan sosialisasi dalam bentuk himbauan secara langsung maupun pemasangan Banner/Pamflet khususnya di sekitar daerah yang sering terjadi kebakaran, sehingga masyarakat mengerti akan akibat Karhutbunla.

“Kita berharap bersama, semoga dengan kesadaran masyarakat dan partisipasi seluruh unsur di wilayah Kodim 0402/OKI tahun 2019 ini Karhutbunla dapat di minimalisir, ” pungkasnya. (SP)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »