Faktor Penyebab Kolestrol Tinggi Pada Manusia

Indikatornews.com

Kadar kolestrol yang tinggi pada manusia sangat berbahaya bagi manusia hal tersebut dapat meningkatnya resiko penyakit yang berbahaya. Seperti penyakit jantung dan struk, umumnya kolestrol tinggi disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Namun, ada beberapa yang patut diwaspadai karna bisa meningkatkan kolestrol dalam tubuh anda.

Dilansir dari TEMPO.CO (24/10/20), berikut beberapa faktor yang meningkatkan kolestrol tinggi pada tubuh :

  1. POLA MAKAN YANG TIDAK SEHAT

Sering mengkomsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan. Ada dua jenis lemak dalam makanan, yang bisa menjadi faktor kolestrol tinggi, yaitu lemak jenuh dan lemak trans.

 

  1. RIWAT PENYAKIT

Beberapa penyakit dapat mempengaruhi kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Seperti diabetes, hipotiroidisme, sindrom  metabolik, sindrom chusing, dan penyakit ginjal.

 

  1. KURANG BEROLAHRAGA

Kurangnya berolahraga dapat meningkatkan kolestrol jahat pada tubuh. Di sisi lain, jika sering di lakukan maka kadar kolestrok baik akan meningkat.

 

  1. FAKTOR KETURUNAN

Tidak banyak diketahui, faktor ginetik bisa menjadi peyebab kolestrol tinggi. Gen yang diturunkan oleh orang tua atau kakek dan nenek dapat membuat seseorang memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Kondisi tersebut disebut familia hypercholestrolemia.

 

  1. KEBIASAAN MEROKOK

Kebiasaan merokok dapat merusak dinding pembuouh darah hal ini menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah akan semakin lebih mudah.

 

  1. PENGARUH OBAT

Salah satu yang jenis obat yang dapat dipercaya kadar kolestrol adalah jenis obat diuretic.

 

  1. OBESITAS

Seorang yang dikatakan obesitas apabila indeks massa tubuhnya menginjak angka lebih dari 30 tahun. Orang yang obesitas lebis besar memiliki kadar kolestrol  yang tinggi.

 

Kolestrol tinggi tidak dapat di pandang sebelah mata karna menyebabkan berbagai macap penyakit pada diri manusia. (Andhi Tri.P)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »